7 Rekomendasi Tools AI Marketing untuk Bantu Pemasaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
7 Rekomendasi Tools AI Marketing untuk Bantu Pemasaran

Artificial Intelligence marketing atau AI marketing dapat dimanfaatkan untuk menunjang pemasaran produk. Penemuan AI memang menjadi terobosan luar biasa di bidang teknologi karena dapat membantu mempermudah berbagai bidang lain. Dengan kata lain, AI adalah tools atau peralatan yang digunakan untuk mempermudah berbagai kegiatan.

Baca juga: 7 Langkah untuk Membuat Marketing Plan bagi Perusahaan

Rekomendasi AI Marketing Tools

Ada beragam AI marketing yang sudah mulai digunakan para pebisnis. Anda bisa memilih jenis AI yang memang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi AI marketing tools yang bisa Anda gunakan dalam bisnis.

1. Chat GPT

Chat GPT menjadi AI tools yang sedang booming belakangan ini. AI ciptaan Elon Musk ini dapat dimanfaatkan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Dengan kata lain, AI ini dapat dijadikan sebagai asisten untuk melakukan brainstorming dan membuat copywriting.

2. Copy.ai

Dalam berbisnis, Anda dituntut untuk memasarkan produk melalui kata-kata. Jika Anda kesulitan, manfaatkanlah Copy.ai. AI ini akan membantu Anda menuliskan kata-kata eye catching yang bersifat persuasif. Adanya aplikasi ini akan menghindarkan Anda dari writer’s block.

3. Dall-E 2

Tidak sekadar kata-kata, dalam mempromosikan bisnis, Anda tentu membutuhkan ilustrasi yang menarik. Sayangnya, tidak semua pebisnis memiliki kemampuan menggambar yang baik. Namun, kini telah hadir Dall-E 2 yang membuat gambar realistis hanya dengan menuliskan deskripsinya.

4. Lumen5

Tidak dapat dipungkiri video marketing memiliki engagement yang lebih tinggi daripada konten marketing lainnya. Apabila Anda tidak memiliki keterampilan untuk mengedit video, Anda bisa memanfaatkan Lumen5. Hanya dalam hitungan menit, video marketing Anda siap untuk diunggah.

5. Gong.io

Pekerjaan marketing tidak sekadar berpusat pada konten. Akan tetapi, penting juga untuk melihat interaksi pelanggan terhadap strategi marketing yang diterapkan. Agar mempermudah Anda dalam menganalisis interaksi pelanggan, gunakanlah AI Gong.io.

6. Zia by Zoho

ZIa by Zoho dapat Anda gunakan untuk membantu membuat penjadwalan dengan klien. Di samping itu, AI ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pola penjualan produk hingga meningkatkan produktivitas perusahaan. AI ini dilengkapi fitur analitik hingga pembuatan invoice.

7. Pattern89

Kinerja campaign promosi yang dilakukan secara digital dapat Anda maksimalkan dengan menggunakan AI Pattern89. AI ini dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Bahkan, Ai ini dapat digunakan untuk mengatur budget iklan.

Meskipun bermanfaat dan praktis, tentunya Anda akan menjumpai beberapa masalah Artificial Intelligence saat melakukan pemasaran. Misalnya saja, Anda akan mendapatkan tulisan yang dibuatkan AI tidak enak dibaca. Untuk itu, pertimbangkan juga permasalahan-permasalahan yang akan muncul jika Anda memanfaatkan AI untuk kegiatan pemasaran.