4 Manfaat Penerapan Unique Selling Point dalam Berbisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
unique selling point

Sebelum melakukan pemasaran, sebaiknya pebisnis mengetahui apa itu unique selling point atau USP. Unique selling point adalah strategi yang diterapkan untuk membangun brand awareness supaya produk yang ditawarkan perusahaan lebih unggul daripada milik kompetitor. 

USP juga menjadi upaya perusahaan menunjukkan manfaat serta kelebihan produk. Dengan kata lain USP adalah hal unik yang menjadikan suatu produk lebih menonjol daripada produk lain. Adanya USP ini dapat menjadi pembeda dengan kompetitor. Hal ini karena ada banyak produsen yang mengeluarkan produk yang sejenis.

Keunikan yang ditonjolkan oleh perusahaan akan membentuk value atau nilai bagi suatu brand. Ujungnya, hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya penjualan. Pasalnya, masyarakat tentu akan lebih memilih produk yang unik karena rasa penasaran yang besar. 

Manfaat Unique Selling Point dalam Berbisnis

Tujuan utama dari USP adalah menunjukkan keunikan dan keunggulan kepada konsumen agar senantiasa diingat. Contoh unique selling point dapat Anda temukan pada brand mi instan Indomie yang senantiasa menawarkan produk mi dengan rasa unik sesuai dengan kuliner Nusantara. Di samping itu, USP juga mendatangkan manfaat yang signifikan bagi bisnis. Adapun manfaat yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 7 Aplikasi Live Chat untuk Support Website Bisnis

Menjadikan brand terlihat unik

Seperti penjelasan sebelumnya, USP menjadi poin penting untuk menunjukkan keunikan produk yang tidak dimiliki produk kompetitor. Hal ini akan menjadikan perusahaan menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor. Meski demikian, perusahaan tetap perlu mengeksplorasi keunggulan lain yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Menghadirkan pelanggan loyal

Keunikan yang dimiliki produk harus dijaga dengan baik. Bila perlu, Anda harus meningkatkan keunggulannya sehingga pelanggan tidak berpaling ke produk kompetitor. Pelanggan akan tetap setia menggunakan dan membeli produk yang perusahaan Anda tawarkan. 

Mempermudah pemasaran

Strategi marketing akan mudah untuk dirancang ketika produk yang Anda tawarkan memiliki kelebihan dan keunikan. Anda tidak perlu memikirkan cara pemasaran karena masyarakat sudah mengetahui value yang terdapat pada produk perusahaan.

Meningkatkan pendapatan

Karena keunikan dan keunggulannya, tentu konsumen tidak ragu untuk membeli atau menggunakan produk perusahaan. Hal ini berdampak pada penjualan yang akan makin meningkat. Dengan kata lain, pendapatan perusahaan pun akan meningkat.

Jika ingin menerapkan unique selling point pada produk yang Anda tawarkan, Anda perlu juga mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk dari kompetitor. Tentukan juga target pasar yang spesifik agar lebih tepat sasaran. Silakan dicoba!