Visi dan Misi Perusahaan: Seberapa Pentingkah?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Visi dan Misi Perusahaan

Dalam membangun sebuah bisnis penting untuk memperhatikan visi dan misi perusahaan. Pasalnya, visi dan misi perusahaan adalah hal yang fundamental. Visi dan misi akan menentukan arah dan tujuan bisnis serta mewujudkan target yang telah direncanakan.

Visi berisi tentang deskripsi tentang aspirasi dan dampak yang hendak diciptakan perusahaan. Karena itulah, visi akan mempengaruhi segala aktivitas yang dilakukan perusahaan. Sementara itu, misi adalah rencana yang disusun untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

Dari penjelasan tersebut diketahui perbedaan visi dan misi perusahaan. Visi bersifat jangka panjang, sedangkan misi bersifat lebih pendek. Visi berupa tujuan akhir, sedangkan misi adalah yang sedang dilakukan perusahaan. Dengan kata lain, visi berkaitan dengan pertanyaan mengapa, sedangkan misi berkaitan dengan pertanyaan apa dan bagaimana.

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Turut Sukseskan Strategi Pemasaran

Cara Membuat Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan misi perusahaan juga memiliki peran sebagai media untuk mengomunikasikan tujuan perusahaan kepada relasi yang bekerja sama. Selain itu, visi dan misi juga berperan untuk menginformasikan pengembangan strategi untuk mencapai kesuksesan. Untuk itulah, perusahaan perlu membuatnya. Ikutilah langkah membuatnya berikut ini.

  • Mengenali tujuan perusahaan

Perusahaan harus benar-benar mengenali tujuan didirikannya bisnis. Untuk mengetahui tujuan, perusahaan harus mampu menjawab pertanyaan berupa mengapa perusahaan ada. Kemudian, perusahaan bisa juga menjawab hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan serta cara melakukannya dengan lebih baik dan efisien.

  • Mengetahui kekuatan perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki kekuatan dan keunikan. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, perusahaan dapat memaksimalkannya untuk pemasaran. Keunikan perusahaan dapat menjadi pembeda dengan kompetitor yang bisa menjadi senjata ampuh dalam bersaing.

  • Memproyeksikan rencana ke depan

Visi dan misi haruslah dirancang secara spesifik. Selain itu, visi dan misi haruslah terukur, dapat dicapai, relevan, serta terikat waktu. Perusahaan bisa memproyeksikan rencana selama beberapa tahun ke depan. Agar lebih mudah, cobalah proyeksikan rencana untuk lima tahun ke depan.

  • Membuat draf

Draf visi dan misi akan menjadikan penyusunannya lebih efektif. Elemen yang bisa dipenuhi dalam membuat draf berupa kejelasan, spesifikasi, ketercapaian, nilai unik, serta inspirasi yang hendak disampaikan.

Tidak sedakar menjadi penentu arah dan tujuan, visi dan misi juga akan meningkatkan kredibilitas serta profesionalitas perusahaan. Maka dari itu, visi dan misi tidak boleh dibuat secara sembarangan. Rencanakanlah secara matang!