Elemen Branding Perusahaan yang Wajib Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
elemen branding perusahaan

Elemen branding perusahaan atau brand element adalah elemen yang membentuk dan membangun suatu brand. Brand adalah kumpulan dari atribut untuk memperkenalkan produk atau jasa. Elemen branding dapat berupa atribut fisik, aset, hingga emosi.

Beberapa Bentuk Elemen Branding Perusahaan

Setelah mengenal elemen branding perusahaan, sudah saatnya mengetahui bentuknya. Dengan mengenali elemen branding perusahaan, Anda akan lebih siap dalam memulai suatu bisnis. Berikut ini adalah beberapa elemen branding dalam bisnis.

Brand identity

Brand identity menurut para ahli menjadi elemen yang penting. Hal ini karena brand identity menjadi dasar untuk elemen lain. Dalam brand identity terdapat juga visual identity. Lantas apa itu visual identity? Visual identity adalah elemen brand yang dapat terlihat, seperti logo dan warna. Selain itu, ada juga contoh lainnya, seperti slogan dan suara.

Brand image

Brand image berupa gagasan tentang cara orang membayang suatu brand. Dengan kata lain, brand image ini menunjukkan kesan perusahaan terhadap konsumen. Kesan tersebut dapat berupa kesan mewah, sederhana, atau yang lainnya.

Brand positioning

Brand positioning berkaitan dengan tempat meletakkan brand. Artinya, perusahaan harus menganalisis posisi atau area target marketnya. Dengan begitu, perusahaan dapat membangun branding tanpa kendala yang berarti.

Brand personality

Branding menjadi cerminan dari jati diri suatu perusahaan. Oleh karena itu, branding haruslah sesuai dengan citra perusahaan. Selain itu, sebaiknya jangan keseringan melakukan perubahan branding.

Brand equity

Brand equity berkaitan dengan kualitas brand dalam bersaing di pasar. Dari penjelasan tersebut, perusahaan haruslah mampu membangun brand yang kuat karakteristiknya. Usahakan brand tersebut dapat menjadi top of mind di kalangan masyarakat.

Brand experience

Branding elements yang satu ini merujuk pada pengalaman konsumen. Dengan kata lain, branding dibangun atas pengalaman konsumen. Konsumen terlibat secara tidak langsung atas kemunculan suatu brand.

Brand differentiation

Perusahaan haruslah membangun brand yang unik agar berbeda dari yang lain. Selain itu, brand yang unik juga akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Konsumen tidak akan keliru dalam memilih produk.

Brand communication

Komunikasi pemasaran adalah hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin membangun brand. Dengan menentukan mempertimbangkan komunikasi pemasaran, pesan brand akan lebih terarah. Alhasil, pesannya pun mudah tersampaikan.

Brand gap

Gap ketika membangun branding tentu akan selalu ada. Perusahaan harus segera mengatasi gap tersebut. Adanya celah selama proses branding dapat memunculkan masalah.

Brand association

Media menjadi sarana penting dalam branding. Melalui media, pesan branding dapat tersampaikan kepada konsumen. Perusahaan bisa bekerja sama dengan lembaga periklanan atau memanfaatkan media sosial yang ada.