Jenis Laporan Persediaan Barang yang Harus Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
jenis laporan persediaan

Sebuah lembaga atau perusahaan haruslah memiliki laporan persediaan atau stok barang. Untuk membuatnya, sebuah lembaga atau perusahaan tentunya harus mengetahui jenis laporan persediaan. Dengan mengenali setiap jenis laporan persediaan, perusahaan akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Isi dari laporan persediaan bergantung dengan jenisnya. Salah satunya adalah laporan stok barang keluar masuk. Laporan tersebut berisi data-data barang yang masuk dan keluar dari perusahaan. Tujuan dari adanya laporan tersebut adalah untuk mempermudah proses pengadaan barang. Proses pengadaan barang akan lebih mudah karena adanya data yang dapat menjadi acuan.

BACA JUGA: 6 PENYEBAB KEHABISAN STOK BARANG DI PERUSAHAAN

Jenis Laporan Persedian Barang Perusahaan

Seperti penjelasan sebelumnya, ada beberapa jenis laporan persediaan barang. Setiap jenis laporan  memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memahaminya dengan baik agar tidak keliru. Berikut ini adalah jenis laporan stok barang tersebut.

Laporan Stock on Hand

Laporan jenis ini adalah laporan barang yang tersedia di gudang. Dalam laporan ini terdapat data terkait banyaknya barang yang tersimpan di gudang. Selain itu, laporan ini juga memuat data perbandingan barang yang tersedia dengan barang yang terpakai. Dengan adanya laporan tersebut, perusahaan akan lebih mudah untuk mengecek cadangan barang.

Adanya laporan stock on hand juga memudahkan proses pengadaan barang. Hal ini karena perusahaan mengetahui barang apa saja yang tersedia sehingga mudah ketika akan membuat pengadaan barang. Laporan ini dapat dibuat secara manual dalam bentuk buku stok barang atau dibuat secara digital menggunakan aplikasi atau software tertentu.

Laporan Perubahan Stok

Perusahaan tidak hanya membutuhkan laporan stok, tetapi membutuhkan juga laporan perubahan stok. Laporan perubahan stok berkaitan dengan aliran barang di gudang. Artinya, dalam laporan tersebut berisi barang yang masuk dan keluar gudang. Dengan adanya laporan ini kontrol barang lebih terorganisasi. Selain itu, laporan ini memudahkan perusahaan dalam memantau keluar masuk barang yang menjadi penyebab fluktuasi perusahaan.

Laporan Rasio Perputaran Stok Barang

Laporan rasio perputaran stok barang berisi tentang seberapa cepat perusahaan dalam memasok barang. Adanya laporan ini juga dapat melihat efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam memasok barang. Selain itu, laporan ini juga berguna untuk menilik barang yang memiliki performa bagus dan tidak bagus. Dengan kata lain, kinerja inventaris perusahaan akan lebih terkontrol dan terpusat dalam satu laporan. 

Laporan Fill Rate

Sebuah perusahaan haruslah menghindari adanya kekosongan stok barang, terlebih bagi perusahaan yang bergerak di bidang niaga karena dapat mengurangi kepuasan pelanggan. Untuk itulah, sebuah perusahaan memerlukan laporan fill rate. Laporan ini berisi data distribusi barang perusahaan. Selain itu, terdapat juga data terkait jumlah stok barang. Dengan adanya laporan ini, kekosongan barang dapat terhindarkan.

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa sebuah perusahaan haruslah memiliki laporan persediaan atau stok barang. Sebelum membuatnya, sebuah perusahaan harus mengenali jenis laporan persediaan atau stok barang. Dengan mengetahui jenis laporan tersebut, perusahaan akan lebih mudah dalam mengaplikasikannya. Laporan tersebut dapat dibuat secara manual menggunakan buku atau digital menggunakan aplikasi atau software tertentu yang sesuai.

Adanya laporan persediaan tersebut menjadi perusahaan lebih mudah dalam mengontrol dan mengorganisasi barang yang masuk dan keluar. Hal ini tentunya akan berimbas pada proses pengadaan barang. Perusahaan yang mengetahui data persediaan barang akan lebih mudah dalam membuat keputusan saat pengadaan barang.

BACA JUGA: APA ITU KONSOLIDASI PENGADAAN BARANG DAN JASA?