Mengenal 5 Bahan Kerajinan Kayu Ukir dan Cara Merawatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Kayu Ukir

Kayu Ukir, Kerajinan Menarik dari Indonesia – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai beragam jenis kerajinan. Kerajinan di Indonesia memiliki bahan dasar yang beragam. Salah satu jenis kerajinan yang terkenal di Indonesia terbuat dari bahan dasar kayu. Bahan kayu memang melimpah di Indonesia. Adapun jenis kayu yang kerap menjadi bahan kerajinan adalah sebagai berikut.

Kerajinan kayu ukir minahasa tenggara

  1. Kayu jati – Jenis kayu ini paling banyak digunakan sebagai bahan kerajinan. Pasalnya, kayu jati termasuk kayu yang awet, kuat, dan tahan lama. Selain itu, serat kayu jati juga terbilang unik dan estetik.
  2. Kayu cendana – Pilihan kedua, ada jenis kayu cendana. Jenis kayu ini juga banyak disukai oleh pengrajin. Hanya saja, banyak yang enggan menggunakannya karena harganya yang cenderung mahal. Salah satu keunggulan jenis kayu ini terletak pada aromanya yang wangi.
  3. Kayu balsa – Kayu balsa menjadi jenis kayu yang banyak digunakan oleh pengrajin kayu. Meski demikian, banyak masyarakat umum yang tidak mengenal jenis kayu ini. Keunggulan jenis kayu ini terletak pada tekstur, warna, dan serat. Kayu balsa memiliki tekstur lembut, warna putih keabu-abuan, dan serta halus.
  4. Kayu mahoni – Pilihan selanjutnya, ada kayu mahoni. Jenis kayu ini sangat cocok menjadi kerajinan kayu ukir. Pasalnya, kayu mahoni memiliki serat yang padat. Selain itu, kayu mahoni juga hanya memiliki sedikit mata kayu.
  5. Kayu eboni – Terakhir, ada kayu eboni. Jika mahoni paling cocok menjadi bahan kerajinan ukir, jenis kayu ini sebaliknya. Kayu eboni yang keras sulit untuk diukir. Meski demikian, karena memiliki penampilan unik, kayu ini juga kerap menjadi bahan kerajinan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu bentuk kerajinan kayu adalah kayu ukir. Di Indonesia bahkan ada kerajinan jenis ini yang paling terkenal, yaitu kerajinan ukir Jepara. Kerajinan kayu ukir ini biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Umumnya, digunakan sebagai hiasan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk fungsi lain, seperti menjadi papan nama meja.

Tips dalam Merawat Kerajinan Kayu Ukir 

Kita sudah mengetahui beragam jenis kayu untuk bahan pembuat kerajinan. Kali ini, kita akan membahas tips merawat kerajinan kayu, khususnya kayu ukir. Adapun tips yang bisa diikuti adalah sebagai berikut.

Kerajinan kayu ukir ogan ilir

Pertaman, kita harus rutin mengelap kerajinan kayu agar bersih dari debu. Kita bisa menggunakan kain kering agar kerajinan kayu tetap awet. Kita juga bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng bulu.

Kedua, kita juga bisa menyemir kerajinan kayu jika kerajinan kayu tidak dipelitur. Kita bisa memanfaatkan semir sepatu. Caranya, cukup gosok kerajinan kayu dengan semir secara searah. Jika semir berwujud cair, kita cukup mengoleskannya. Kita juga bisa membeli produk khusus untuk perawatan kerajinan kayu yang dijual di pasaran.

Itulah tips yang bisa diikuti dalam merawat kerajinan kayu. Nah, jika Anda tertarik membuat kerajinan kayu menarik, Anda dapat memesannya di 1Souvenir. Anda dapat melakukan pemesanan dengan cara menghubungi customer service.