Tahukah Anda? Ada 7 Manfaat Magang bagi Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
manfaat magang bagi perusahaan

Manfaat magang bagi perusahaan memang nyata adanya. Beberapa perusahaan memang menjadi rujukan tempat magang. Magang adalah salah satu kegiatan mahasiswa tingkat akhir pada jurusan tertentu. Manfaat magang bagi mahasiswa tingkat akhir adalah mengenali dunia kerja yang sesungguhnya.

Tujuan magang di perusahaan adalah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Selain itu, magang di perusahaan juga menjadi bentuk persiapan sebelum nantinya benar-benar terjun ke dunia kerja. 

Manfaat Magang bagi Perusahaan yang Perlu Diketahui

Program magang perusahaan ternyata tidak sekadar bermanfaat bagi mahasiswa. Akan tetapi, manfaat magang juga akan dirasakan oleh perusahaan. Adapun manfaat magang bagi perusahaan adalah sebagai berikut.

Menghemat pengeluaran perusahaan

Umumnya, mahasiswa yang magang belum memiliki pengalaman bekerja. Namun, mereka memiliki kemauan dan tekad untuk belajar suatu skill pekerjaan. Tidak adanya pengalaman kerja tentu menjadi pertimbangan perusahaan untuk memberikan gaji yang lebih rendah daripada karyawan pada umumnya.

Memunculkan ide baru

Program magang perusahaan mayoritas diisi oleh generasi muda yang masih penuh semangat. Adanya peran generasi muda akan memunculkan ide-ide baru. Hal ini karena generasi muda lebih melek terhadap perkembangan dan tren terkini. Sementara itu, karyawan senior kebanyakan telah berada di zona nyaman sehingga hanya bekerja sesuai dengan skill dan job desc.

Mendapatkan masa percobaan 

Hampir sebagian besar perusahaan melakukan masa percobaan terhadap karyawan baru. Biasanya, masa percobaan berlangsung antara 3 hingga 6 bulan. Program magang perusahaan dapat menjadi bentuk masa percobaan. Jika dianggap melakukan pekerjaan baik, karyawan magang bisa dipanggil kembali setelah dinyatakan lulus.

Menghadirkan suasana baru

Masa program magang perusahaan sama dengan masa percobaan karyawan baru, yaitu tiga hingga enam bulan. Alhasil, suasana kantor pun akan terasa baru karena adanya pergantian karyawan. Adanya teman baru yang terus berganti akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih meriah.

Memperoleh sudut pandang yang berbeda

Karyawan magang juga akan membantu perusahaan untuk melihat produk dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini tentu menjadi masukan yang  berharga bagi perusahaan. Perusahaan dapat mengembangkan produk agar terjaga kualitasnya dan bisa juga menciptakan produk yang inovatif.

Meningkatkan citra perusahaan

Manfaat magang yang lainnya adalah meningkatkan citra perusahaan. Karyawan magang yang merasa senang belajar di suatu perusahaan akan berkisah ke orang lain tentang sisi positif perusahaan. Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap citra perusahaan.

Meningkatkan produktivitas

Pada umumnya, karyawan magang belum memegang pekerjaan utama. Mereka dipercaya untuk menyelesaikan pekerjaan kecil terlebih dahulu. Meski demikian, adanya karyawan magang tentu akan meningkatkan produktivitas perusahaan karena karyawan tetap bisa berfokus pada pekerjaan utama.

Begitu banyak manfaatnya, perusahaan sering membuat program magang atau internship. Perusahaan juga menjadikan magang sebagai batu loncatan untuk menyaring calon karyawan tetap.

BACA JUGA: 5 KEUNTUNGAN PEMANFAATAN VIDEO MARKETING UNTUK PERUSAHAAN