7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Tingkatkan Reputasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
media sosial untuk bisnis

Pada era digital seperti sekarang, banyak yang memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Terlebih, sebagian besar masyarakat dunia telah memiliki akun media sosial. Hal ini memudahkan pebisnis untuk menjangkau calon konsumen dari seluruh dunia. Selain itu, penyebaran informasi terkait bisnis yang dilakoni juga lebih mudah dan efektif.

Manfaat media sosial untuk membangun usaha memanglah besar. Media sosial dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan. Di sisi lain, ada juga pengaruh negatif media sosial bagi pebisnis. Melalui media sosial dapat beredar kabar hoax yang mengancam citra perusahaan. Untuk itulah, perusahaan juga perlu menyiapkan solusi atas pengaruh media sosial terhadap bisnis yang dilakoninya.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Berbagai media sosial dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis. Perusahaan hanya perlu menyiapkan konten yang sesuai untuk menunjang bisnisnya. Berikut ini adalah manfaat media sosial untuk bisnis yang perlu Anda ketahui.

Memperluas target pasar

Salah satu fungsi media sosial untuk bisnis adalah memperluas target pasar. Pasalnya, dengan menggunakan media sosial dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah. Hal ini juga didukung oleh kebiasaan masyarakat yang gemar menghabiskan waktu untuk mengakses media sosialnya. Bahkan, ada juga yang gemar mencari informasi dan belanja melalui media sosial.

Meningkatkan branding

Suatu perusahaan perlu membangun branding agar mudah dikenali oleh masyarakat. Dengan membuat konten-konten yang menarik, perusahaan bisa meningkatkan branding yang hendak dikenalkan kepada masyarakat. Konten tersebut tidak melulu menawarkan produk, tetapi dapat berupa konten lain yang sekadar menyinggu produk secara tersirat.

Menganalisis kompetitor

Kemungkinan besar kompetitor atau pesaing bisnis perusahaan juga menggunakan media sosial. Jika memang demikian, akan mudah untuk menggali informasi terkait kompetitor melalui akunnya. Di sisi lain, perusahaan dapat melihat konten yang dibuat kompetitor untuk menghadirkan yang lebih inovatif.

Mendukung promosi

Perusahaan dapat melakukan pemasaran menggunakan media sosial. Sosial media sebagai sarana pemasaran adalah pilihan yang sangat bijak. Pasalnya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan. Iklan bisa dipasang di akun media sosial dengan dikemas semenarik mungkin.

Melakukan penjualan

Beberapa media sosial mengembangkan fitur toko yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Hal ini bisa Anda temukan pada Instagram dan Facebook. Namun, perusahaan harus mempersiapkan diri karena pembeli bisa saja berada di wilayah yang jauh sehingga butuh jasa pengiriman.

Membagikan informasi

Melalui media sosial juga perusahaan bisa menyebarkan informasi. Misalnya, ketika perusahaan mengadakan promo atau diskon produk. Selain itu, perusahaan juga bisa mengumumkan acara yang hendak diselenggarakan untuk menarik masyarakat agar terlibat di dalamnya.

Memberikan feedback

Media sosial untuk bisnis dapat menjadi sarana komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Perusahaan bisa memberikan feedback atau umpan balik dengan segera atas kritik atau saran yang disampaikan oleh pelanggan. Hal ini tentu berdampak positif bagi perusahaan karena menunjukkan pelayanan prima.

Implementasi nyata penggunaan media sosial dalam bisnis saat ini dapat diwujudkan dengan mempersiapkan konten yang sesuai. Kemudian, dari konten-konten tersebut dijadwalkan untuk diunggah di media sosial. Alangkah lebih baik lagi jika perusahaan mampu mengikuti trend isu yang sedang berkembang di masyarakat sehingga konten akan menarik minat masyarakat.

BACA JUGA: 6 ALASAN PENTINGNYA UNTUK MELAKUKAN INOVASI BISNIS