Memaksimalkan Peran Public Relation dengan Media Sosial

Facebook
Twitter
LinkedIn
peran public relation

Peran public relation yang paling mendasar berkaitan dengan komunikasi. Oleh karena itu, keberadaan public relation begitu penting bagi suatu organisasi, termasuk perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang peranan public relation, alangkah baiknya kita memahami pengertiannya. Lantas apa pengertian public relation?

Public relation adalah proses interaksi dari suatu lembaga terhadap pihak lain yang saling menguntungkan. Dari situlah, terlihat bahwa seorang public relation harus menjalin hubungan baik dengan pihak lain. Untuk menciptakan hubungan baik tersebut, public relation harus mampu menyampaikan pesan lembaga terhadap khalayak.

Secara garis besar, terdapat 4 peran public relation. Peran tersebut tidak sekadar berkaitan komunikasi perusahaan, tetapi juga berhubungan dengan pelayanan publik. Adapun peran public relation dalam perusahaan adalah sebagai berikut.

BACA JUGA: 5 CARA MENINGKATKAN BRANDING PERUSAHAAN DENGAN EFEKTIF

  • Expert Prescriber

Peran expert prescriber sama halnya dengan peran seorang konsultan. Dengan demikian, peran public relation dalam menghadapi masalah adalah sebagai pemberi solusi. Untuk itu, public relation harus mampu mengidentifikasi, menganalisis, kemudian menemukan solusi untuk permasalahan yang ada.

  • Communication Facilitator

Seorang public relation harus memiliki keterampilan mendengar yang baik. Selain itu, public relation juga harus mampu menyampaikan informasi dengan baik. Kedua peran ini berkaitan dengan pemeliharaan komunikasi dua arah antara perusahaan dan pihak lain. Public relation juga harus mampu menjaga rahasia dari perusahaan.

  • Problem Solving Facilitator

Bersama dengan pihak manajemen, public relation membuat perencanaan untuk meningkatkan keterampilan. Di sisi lain, public relation juga menjaga agar pihak manajemen dapat terlihat dalam pengembangan skill. Dengan kata lain, PR sebagai fungsi manajemen mengatur sumber daya perusahaan.

  • Communication Technician

Peran ini berhubungan dengan pekerjaan yang disampaikan oleh atasan. Public relation menulis, menyunting, dan membuat press release. Selain itu, public relation juga membangun website dan menyiapkan annual report untuk perusahaan. Bahkan, mungkin juga public relation menyiapkan pidato untuk perusahaan.

Peran Public Relation di Era Digital

Era digital lekat dengan teknologi yang makin mumpuni. Salah satunya adalah maraknya penggunaan media sosial. Peran media sosial dalam public relation pun tidak bisa dipungkiri. Public relation dapat membuat konten-konten menarik dalam menyampaikan informasi perusahaan. Konten tersebut dapat berupa infografis atau video singkat tentang perusahaan.

Dengan memaksimalkan peran PR, harapannya komunikasi perusahaan dan relasi dapat berjalan dengan baik. Alhasil, hubungan antara perusahaan dan relasi dapat naik ke tingkat yang lebih baik.

BACA JUGA: MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN: TIPS PENGELOLAAN KRISIS PERUSAHAAN