5 Tips Memanfaatkan Aplikasi Chatting untuk Penjualan Produk

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Tips Memanfaatkan Aplikasi Chatting untuk Penjualan Produk

Aplikasi chatting adalah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan berbalas pesan teks. Pada zaman serba digital seperti sekarang, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi semacam ini untuk bertukar informasi. Selain itu, aplikasi perpesanan ini juga sering digunakan oleh pebisnis untuk membantu memasarkan produk sehingga penjualan bisa meningkat.

WhatsApp Business menjadi aplikasi chatting terbaik dan yang paling banyak digunakan karena pengguna aplikasi ini sangatlah banyak. Bahkan, dikatakan bahwa masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi WhatsApp mencapai lebih dari 2 miliar orang. Hal ini tentu menjadikan aplikasi ini potensial untuk memperluas jangkau pasar suatu bisnis. Terlebih lagi, fiturnya pun cukup lengkap.

Telegram dapat dikatakan sebagai pesaing berat WhatsApp. Dengan aplikasi ini, pebisnis dapat membuat grup atau channel untuk meningkatkan brand awareness. Melalui grup atau channel tersebut penawaran dapat dibagikan dengan mudah. Fitur ChatBot dapat juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan banyak konsumen sekaligus sehingga terasa lebih efektif.

Memanfaatkan Aplikasi Chatting untuk Penjualan Produk

Ada banyak pilihan aplikasi chatting yang bagus. Anda bisa memilih aplikasi chatting gratis untuk menghemat biaya. Namun, jika ingin lebih profesional, gunakanlah aplikasi versi berbayar. Selain WhatsApp dan Telegram, Anda pun bisa memanfaatkan Line atau Facebook Messenger. Agar lebih maksimal dalam memanfaatkan aplikasi perpesanan untuk jualan, ikuti tips berikut.

Membuat grup pelanggan

Sebagai pebisnis agar mendapat perhatian khusus dari pelanggan, Anda bisa berkomunikasi secara intens dengan pelanggan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan membuat grup pelanggan di aplikasi perpesanan. Apabila Anda dekat dengan pelanggan, tentu loyalitas pelanggan akan terbangun. Anda pun bisa membagikan informasi dengan mudah tanpa menghubungi pelanggan satu per satu.

Baca juga: Apa Itu Marketing Channel, Ketahui Jenis-Jenisnya, Yuk!

Memperbanyak event

Event menjadi daya tarik bagi konsumen. Karena itulah, jangan bosan untuk membuat event tentunya yang mendatangkan keuntungan bagi konsumen. Misalnya saja, Anda membuat event giveaway. Anda bisa mensyaratkan untuk mengikuti media sosial atau yang lainnya. Anda juga bisa mengadakan event kuis berhadiah voucher hingga promo sesuai dengan perayaan hari tertentu.

Membuat emoticon dan stiker

Komunikasi dengan teks terkadang terasa membosankan karena harus membaca tulisan. Untuk menambah daya tarik, biasanya seseorang menambahkan emoticon tertentu. Di samping itu, ada juga stiker yang berupa gambar bergerak yang menjadikan pesan makin menarik. Untuk keperluan bisnis, Anda bisa membuat emoticon atau stiker yang sesuai dengan karakteristik perusahaan.

Memanfaatkan fitur pesan broadcast

Beberapa aplikasi perpesanan memiliki fitur broadcast. Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan dengan maksimal untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan fitur broadcast akan membuat Anda mudah dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan dengan kesan lebih personal. Pesan yang bersifat personal tentu akan lebih berkesan daripada yang disampaikan lebih grup.

Menghindari spam message

Meskipun Anda bisa mengirim pesan dengan mudah menggunakan aplikasi perpesanan, pastikan Anda tidak melakukan spam message. Jika Anda membuat grup, Anda juga tidak boleh melakukan hal yang demikian. Anda bisa melakukan penjadwalan pengiriman pesan untuk pesan penawaran, informasi, dan event-event tertentu.

Sudahkah Anda memanfaatkan aplikasi chat untuk meningkatkan penjualan produk di perusahaan Anda? Selain membantu meningkatkan penjualan produk, aplikasi chat juga memudahkan Anda untuk dekat dengan konsumen yang bisa membangun loyalitas.