Analisis Peluang Usaha: 4 Tahap Mengembangkan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha adalah rencana yang disusun sebelum membangun suatu usaha. Tujuan analisis peluang usaha adalah dapat mempersiapkan strategi terbaik untuk menjalankan bisnis. Dengan melakukan analisis tersebut, Anda akan menemukan berbagai faktor eksternal yang memengaruhi bisnis, seperti kebutuhan konsumen, hingga tren pasar. Dari faktor-faktor tersebut, Anda dapat merencanakan strategi bisnis untuk jangka panjang yang lebih efektif.

Tujuan lain dari analisis usaha adalah dapat mengevaluasi produk yang telah dibuat. Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan masyarakat dari hari ke hari dapat berubah. Adanya analisis tersebut, produk yang senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, analisis usaha juga memungkinkan untuk mengidentifikasi kendala yang menghambat pertumbuhan usaha. Hal ini tentu bermanfaat karena Anda bisa mengantisipasi dan menyiapkan penyelesaiannya.

Baca Juga: Pentingnya Product Knowledge untuk Tingkatkan Penjualan

Penerapan Metode Analisis Peluang Usaha

Metode analisis peluang usaha dapat dilakukan dengan memanfaatkan metode SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat). Agar lebih mudah dipahami, silakan perhatikan penjelasan detailnya berikut ini.

Membangun kekuatan

Kemungkinan besar, produk yang Anda tawarkan sudah ada yang menjualnya juga. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan analisis terkait keunikan dan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Hal tersebut akan menjadi kekuatan dari produk perusahaan Anda.

Mengidentifikasi kelemahan

Sebagus apapun produk yang Anda tawarkan tentu tidak akan luput dari kekurangan. Meskipun bukan berasal dari produknya, mungkin Anda akan mendapati kekurangan dari segi produksi atau pemasaran. Anda bisa mengidentifikasinya kemudian mengatasinya.

Memaksimalkan kesempatan

Kesempatan membangun usaha bisa muncul di mana dan kapan saja. Anda bisa melihat kebutuhan konsumen yang ada di sekitar Anda. Jika sudah menemukannya, Anda bisa mulai membangun usaha didasarkan kebutuhan atau masalah yang dihadapi konsumen.

Mempersiapkan solusi atas hambatan

Dalam menjalankan bisnis tidak bisa dilepaskan dari hambatan. Mungkin saja, Anda akan menemukan pesaing baru yang produknya lebih digandrungi masyarakat. Anda harus mempersiapkan berbagai solusi atas kemungkinan-kemungkinan hambatan tersebut.

Anda harus mulai melakukan analisis usaha dari sekarang supaya lebih siap ketika hendak membuka bisnis. Anda bisa melakukan analisis kondisi pasar, mengamati perilaku konsumen, hingga memperhatikan gerak-gerik kompetitor. Jika masih bingung cobalah untuk melihat contoh analisis peluang usaha yang dilakukan oleh pebisnis lain.