7 Tips Menulis Artikel Marketing yang Efektif untuk Pemasaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
artikel marketing

Pemasaran perusahaan dapat didukung dengan membuat artikel marketing pemasaran. Artikel marketing adalah konten promosi yang dirilis melalui website atau blog dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Lewat artikel marketing perusahaan dapat membuka peluang meningkatnya penjualan produk atau layanan.

Langkah Membuat Artikel Marketing yang Efektif

Niche artikel marketing menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat konten. Hal ini akan memengaruhi isi website yang hendak dibangun. Meski demikian, perlu juga untuk memperhatikan hal-hal. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk lebih jelasnya.

Baca Juga: 6 Sumber Modal Bisnis untuk Perusahaan Anda!

Menentukan topik yang sesuai

Artikel yang ditulis untuk website atau blog sebaiknya mendukung bisnis yang dibangun. Meski demikian, ada juga perusahaan yang membuat artikel di luar bidang bisnisnya. Biasanya, perusahaan memilih topik artikel yang berkaitan dengan konsumen. Hal ini bertujuan agar artikel banyak dikunjungi sehingga traffic website bisa tinggi. 

Membuat artikel yang jelas

Artikel juga harus jelas yang berarti dapat dipahami dengan mudah. Untuk itu, hindari menggunakan jasa penulis artikel yang mematok harga murah. Akan lebih baik lagi jika perusahaan memiliki content writer yang bisa merencanakan topik artikel untuk kebutuhan website atau blog perusahaan. Artikel bisa dibuat dengan 300 hingga 1.000 kata.

Mengenali kebutuhan konsumen

Agar konten marketing lebih mengena, alangkah baiknya jika perusahaan melakukan riset terhadap kebutuhan konsumen. Perusahaan dapat membahas hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Hal ini menjadi bentuk soft selling yang tepat.

Melakukan riset keyword

Keyword atau kata kunci juga perlu diriset terlebih dahulu untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan pencarian. Ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset tersebut, seperti Ahrefs hingga Semrush. Perusahaan bisa memilih tools yang dapat diakses secara gratis atau pun berbayar sesuai dengan kebutuhan

Memperhatikan kualitas artikel

Kualitas artikel yang dibuat juga harus terus dijaga. Salah satu caranya adalah dengan membuat artikel yang bebas plagiasi. Sama halnya dengan riset keyword, perusahaan dapat memanfaatkan tools tertentu untuk mengecek keunikan artikel. Kualitas artikel juga perlu dijaga dengan memperhatikan tata bahasa serta ejaannya.

Menulis artikel dengan konsisten

Artikel pemasaran juga harus ditulis dengan konsisten. Artinya, proses produksi dan perilisan artikel harus dilakukan secara berkala. Untuk itulah, sebaiknya dibuat kalender konten yang berisi waktu produksi serta perilisan artikel agar lebih teratur.

Mempromosikan artikel

Langkah terakhir adalah melakukan promosi atas artikel yang telah dibuat. Promosi dapat dilakukan dengan membagikan tautan artikel melalui media sosial. Jika perlu, perusahaan bisa meminta segenap karyawannya untuk membagikan melalui kontak pribadi. Hal ini bertujuan agar artikel yang dirilis mendapat banyak kunjungan.

Menyediakan artikel marketing menjadi bentuk promosi perusahaan yang patut diterapkan. Perusahaan bisa memulainya dengan merancang kalender konten bersama content writer. Jadikanlah perusahaan Anda menjadi yang terdepan!