Tahu Apa Bedanya Sales dan Marketing? Ini Penjelasannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Tahu Apa Bedanya Sales dan Marketing? Ini Penjelasannya!

Istilah sales dan marketing sering kali disamakan sebagai seorang yang menawarkan dan menjual produk ke orang lain. Hal ini karena beberapa perusahaan sering menempatkan kedua istilah tersebut untuk merujuk tugas yang sama. Padahal, sejatinya kedua istilah tersebut berbeda, lo. Lantas, apa bedanya sales dan marketing?

Perbedaan sales dan marketing adalah tugas yang mereka emban. Tugas sales dan marketing yang utama adalah meningkatkan penjualan dan brand awareness. Secara spesifik, sales bertugas menjual produk secara langsung kepada pelanggan sehingga sering juga disebut tim penjualan. Sementara itu, marketing bertugas untuk mengedukasi pelanggan terkait produk dengan cara mengenalkan produk supaya mereka tertarik untuk membeli produk tersebut sehingga sering disebut sebagai tim pemasaran.

Kini, tugas keduanya tidak sekadar menawarkan dan menjual produk. Kedua divisi perusahaan ini juga bertanggung jawab untuk menghadirkan pengalaman positif dan menyenangkan kepada pelanggan. Selain itu, keduanya juga berperan penting dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pelanggan yang memiliki pengalaman dan hubungan baik dengan perusahaan tentu akan menjadi pelanggan yang loyal.

Baca juga: After Sales Service: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

Mengenali Tugas Sales dan Marketing

Pada penjelasan sebelumnya telah diulas tugas tim penjualan dan penawaran. Meski demikian, ada tugas spesifik yang harus mereka lakukan. Misalnya saja, keduanya harus mampu menimbulkan rasa penasaran konsumen yang mendorong minat untuk melakukan pembelian produk. Kemudian, baik tim penjualan maupun tim pemasaran harus mampu mengidentifikasi pelanggan potensial agar lebih hemat waktu ketika menawarkan dan menjual produk. Tim penjualan dan tim pemasaran juga perlu menyiapkan kelengkapan administrasi penjualan yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak.

Di luar menjual dan menawarkan produk, tim penjualan dan tim pemasaran perlu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan tersebut tentu akan menciptakan loyalitas pelanggan. Kedua divisi ini juga menjadi tim yang siap bekerja sama dengan relasi sehingga bisnis yang dapat berkembang dan maju. Mengevaluasi strategi penjualan dan pemasaran juga menjadi tanggung jawab kedua divisi ini.

Meski memiliki tanggung jawab yang sama keduanya tetap memiliki perbedaan. Pekerjaan yang dilakukan sales umumnya memiliki jangka waktu yang relatif lebih pendek, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Sementara itu, jangka waktu marketing relatif lebih lama. Kemudian, marketing lebih berfokus untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Sementara itu, sales berfokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini menjadikan komunikasi marketing dan pelanggan lebih kuat. Marketing yang bertugas menawarkan produk juga harus menguasai dengan baik produk yang ditawarkan, sedangkan sales yang terpenting dapat membantu menyelesaikan permasalahan konsumen.

Itulah sederet perbedaan dari tim penjualan dan tim marketing. Setelah membacanya, Anda tentu bisa memberikan tugas dan tanggung jawab yang sesuai untuk tim sales dan tim pemasaran di perusahaan Anda sehingga hasilnya lebih optimal.