5 Strategi Meningkatkan Brand Equity untuk Produk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Brand Equity

Apa itu brand equity? Sudahkah Anda memahaminya sebagai seorang pebisnis? Brand equity adalah nilah lebih dari suatu merek ketika dibandingkan dengan merek lain. Manfaat brand equity atau ekuitas brand adalah membedakan merek dengan kompetitor serta menciptakan persepsi yang baik bagi perusahaan di mata masyarakat.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda perlu mengenali indikator brand equity. Indikator pertama adalah kemampuan memengaruhi pasar. Kemudian, ada juga kemampuan mempertahankan loyalitas pelanggan, meningkatkan kinerja penjualan, serta kemampuan merek menjangkau pasar global. Di samping itu, ada juga kemampuan mengikuti tren, besarnya dana untuk beriklan, hingga legalitas terhadap merek.

Cara Meningkatkan Brand Equity Sebuah Produk

Dengan besarnya manfaat, banyak perusahaan yang hendak membangun ekuitas brand. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami cara membangun brand equity. Jika sudah terbangun, perusahaan harus senantiasa meningkatkannya demi kemajuan perusahaan. Adapun tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan ekuitas brand adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Penting Diketahui!

Melibatkan konsumen

Jika hendak melibatkan konsumen dalam meningkatkan ekuitas brand, Anda bisa membentuk tim customer service representative. Tim tersebut akan bertugas menyebarkan formulir umpan balik yang akan diisi konsumen. Di samping itu, tim tersebut akan menangani sesi tanya jawab di media sosial.

Membangun hubungan dan kepercayaan konsumen

Tidak sekadar melibatkan, perusahaan juga harus membangun hubungan dan kepercayaan konsumen. Hubungan baik dengan konsumen dapat dibangun dengan melakukan komunikasi dua arah, seperti membalas komentar di media sosial. Sementara itu, kepercayaan konsumen bisa dibangun dengan terus menjaga kualitas produk.

Membangun brand awareness

Bila konsumen mengenal brand dengan baik, ekuitas brand juga akan makin kuat. Ada beragam upaya yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand awareness, seperti berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial atau menjadi sponsor dalam suatu event. Di samping itu, perusahaan dapat pula membuat terobosan baru seperti podcast.

Menceritakan brand kepada konsumen

Setelah mengetahui nilai lebih dari brand, Anda perlu menceritakannya kepada konsumen. Penceritaan brand kepada konsumen dapat dilakukan dengan metode story telling yang diunggah melalui media sosial atau website. Jika ingin menunjukkan kesan personal, story telling dapat dikirimkan melalui email.

Memastikan kualitas produk dan konsisten

Pada dasarnya hal yang paling penting dilakukan adalah memastikan kualitas produk. Jangan sampai ada barang defect yang sampai ke tangan pelanggan. Jika sudah memiliki kualitas produk yang bagus, perusahaan harus senantiasa menjaganya agar pelanggan tidak merasa kecewa.

Itulah sederet tips yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan ekuitas brand. Pada intinya, tips tersebut berkaitan dengan produk, pelanggan, dan perusahaan. Anda harus menjaga kualitas produk, hubungan dengan pelanggan, dan juga pelayanan perusahaan.