Cara Membuat Plakat Fiber Unik

Facebook
Twitter
LinkedIn

Cara Membuat Plakat Fiber Unik

Fiber atau fiberglass atau lebih sering dikenal sebagai resin sebenarnya merupakan getah dari tanaman yang melalui proses hidrocarbon untuk menghasilkan carian yang dapat mengeras ketika dicampurkan dengan katalis. Saat ini di pasaran lebih banyak beredar resin buatan pabrik yang banyak menggunakan bahan kimia. Resin atau fiberglass ini terdapat banyak jenisnya. Secara fisik terdapat setidaknya 3 macam resin yakni resin keruh, resin bening, dan resin warna.

Plakat fiberglass merupakan salah satu pilihan souvenir perusahaan yang menarik. Bahan bahan fiberglass dapat untuk membuat aneka souvenir perusahaan menarik dan berkualitas. Cara bikin fiber memerlukan teknik dan keahlian khusus. Makanya, tidak semua orang bisa melakukannya.
Untuk menghasilkan bahan baku yang terbaik, perlu mengetahui cara buat fiber yang baik dan benar. Cara buat fiberglass menentukan kualitas bahan. Dengan kata lain, juga menentukan kualitas souvenir juga. Cara membuat fiberglass yang kuat perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah teknik yang benar. Cara membuat fiber menjadi penentu apakah baik atau buruknya kualitas fiber ketika akan menjadi bahan dasar pembuat kerajinan. Alat pembuatan fiberglass haruslah memadai agar bahan tersebut memiliki mutu yang baik.

Secara kualitas, ada 3 tingkatan kualitas resin. Kualitas tertinggi adalah Epoxy Resin. Resin ini memiliki kekuatan paling kuat serta daya tahan yang baik dibanding jenis lain. Di dalam resin jenis ini terdapat kandungan carbon fiber, fiberglass, dan amarid yang membuat ikatan kuat antar elemennya. Selanjutnya ada Vinylester Resin yang tidak sekuat epoxy sebab tidak memiliki kandungan carbon fiber dan amarid. Sementara yang terendah adalah polyester resin yang keras, namun tidak sebaik jenis lainnya. Jenis terakhir ini biasanya digunakan untuk bahan kerajinan atau pelapis furnitur.

Salah satu kerajinan yang sering menggunakan material ini adalah plakat. Plakat fiber atau fiberglass menjadikan resin sebagai bahan utama pembetuknya. Anda bisa membeli resin dengan mudah di toko-toko bahan kimia. Sementara untuk harganya, tergantung dari warna dan jenisnya. Anda bisa bikin plakat fiber sendiri dengan mengikuti langkah berikut :

  1. Menentukan Desain

Adanya bermacam model plakat yang bisa anda buat dari bahan resin ini. Sebelum memulai membuat plakat, anda harus menentukan desain. Perhitungan desain ini sangat perlu anda perhatikan. Desain ini akan mempengaruhi hasil akhir resin yang akan anda cetak, komposisi, serta perhitungan bahannya. Anda bisa mencontoh desain plakat fiber yang sudah jadi atau membuatnya sendiri sesuai benda atau contoh yang anda inginkan. Perhatikan pula ukurannya serta bisa tidaknya model tersebut diletakan dengan baik.

Dalam pembuatan desain, selain ukuran dan bentuk anda juga harus memperhitungkan faktor lain seperti tulisan, pewarnaan, serta ketahanannya. Jangan sampai cetakan resin anda terlalu besan atau terlalu kecil sehingga tampak kurang estetis. Perhatikan pula dimana tulisan atau gambar yang anda inginkan bisa dimasukkan ke dalam cetakan resin nanti.

  1. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah desain yang anda inginkan sudah final, maka anda bisa menyiapkan peralatan dan bahan-bahannya. Bahan utama yang harus anda siapkan adalah resin. Kebutuhan resin ini bisa ada sesuaikan dengan desain yang anda inginkan. Pastikan pula anda menyiapkan katalis atau pengeras sesuai takaran yang ditentukan oleh produsen. Selanjutnya siapkan pula kertas yang sudah dicetak dan dipotong sesuai desain gambar atau tulisan. Siapkan pula bahan-bahan untuk pembuatan cetakan, seperti clay, silikon, atau kertas duplex. Kebutuhan cetakan ini menyesuaikan model yang hendak anda buat nanti. Siapkan pula objek bila anda ingin membuat plakat dari contoh plakat fiber yang sudah jadi.

  1. Pembuatan cetakan

Sebelum anda mencetak plakat fiberglass anda, pertama-tama anda harus menyiapkan dulu cetakannya. Jika anda hendak membuat plakat fiberglass yang berbentuk persegi konvensional, cetakan dari kertas dupleks sudah cukup. Namun bila bentuk yang anda inginkan cukup rumit, anda bisa membuat cetakannya terlebih dahulu dengan silicon atau clay. Cetakan ini bisa dibuat dengan menekan objek yang ingin anda buat pada clay atau pada larutan silikon. Setelah kering, keluarkan objek dan cetakan siap digunakan. Pastikan anda melapisi objek dengan minyak agar tidak menempel ketika mengering.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan berbagai jenis souvenir BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini

  1. Pencampuran Resin

Setelah cetakan siap, selanjutnya anda bisa menyiapkan campuran resin dengan katalis. Proses pencampuran ini lebih baik dibuat menjelang proses pencetakan, sebab resin yang telah bercampur katalis akan cepat mengering dan menjadi keras.  Tuangkan campuran pada cetakan yang telah dilapisi minyak tipis. Jika anda hendak menaruh kertas bergambar atau tulisan, sebaiknya tuangkan dulu setengah dan tunggu sampai agak mengering, lalu letakan kertas tersebut. Setelah posisi kertas tepat, anda bisa melanjutkan tuangan campuran hingga penuh.

  1. Pengeringan

Setelah resin dituangkan dalam cetakan, proses pengeringan dan pengerasan resin ini akan berlangsung cukup cepat. Setelah benar-benar kering, lepaskan hasil cetakan plakat fiber anda dari cetakan. Selanjutnya perhatikan apakah masih ada bagian yang tidak sempurna dari hasil cetakan anda seperti lelehan resin atau lubang.

  1. Finishing

Setelah hasil cetakan bisa dilepas, proses akhir dari langkah ini adalah finising. Pada proses finishing ini anda bisa menyempurnakan tiap detailnya. Jika ada bagian yang masih menonjol atau janggal, anda bisa memotongnya dengan gerinda. Sementara anda bisa melakukan pengamplasan agar permukaannya menjadi rata dan tampak mengkilap.

Jika anda merasa langkah-langkah di atas terlalu rumit, anda bisa pesan plakat fiber pada vendor berkualitas seperti 1souvenir. Toko digital ini juga jual plakat fiber dengan berbagai bentuk dan model yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda.  Plakat pesanan anda juga akan mendapat garansi yang menjamin sampai ke tangan anda dengan sempurna.

Cara bikin fiber tentunya memerlukan teknik khusus dan alat yang memadai agar hasilnya dapat maksimal. Cara buat fiber tidak bisa dilakukan sembarangan. Tujuannya, agar kualitasnya dapat terjamin. Alat pembuatan fiberglass yang digunakan seharusnya canggih dan modern agar hasilnya tidak mengecewakan.
Plakat fiberglass cocok menjadi souvenir untuk berbagai acara. Anda pun bisa mengajukan desain sesuai keinginan. Cara buat fiberglass haruslah dilakukan dengan benar untuk mendapatkan kualitas terbaik. Dengan begitu, souvenir dari fiberglass juga akan berkualitas. Bahan bahan fiberglass kerap menjadi pilihan untuk membuat berbagai macam souvenir. Salah satunya adalah plakat fiberglass.
Cara membuat fiberglass yang kuat memerlukan teknik yang benar dan mesin yang memadai agar hasilnya memuaskan. Cara membuat fiber dapat menentukan kualitasnya. Karena itulah, prosesnya harus benar.