Cara Membuat Plakat Kayu Kuningan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Cara Membuat Plakat Kayu Kuningan

Plakat kayu kuningan termasuk ke dalam jenis plakat logam yang memiliki kesan elegan dan cukup tahan lama. Jenis plakat ini biasanya dikombinasikan dengan bahan dasar kayu. Dibutuhkan ketelitian dalam proses pembuatannya. Untuk memahami cara membuat kuningan perlu adanya keahlian dan keterampilan khusus. Cara membuat kuningan tidaklah mudah. Selain membutuhkan teknik khusus, perlu juga mesin yang memadai.

Plakat kayu kuningan kementerian kesekretariatan negara
Plakat kayu kementerian sekretariat negara

Mengenal bahan kuningan

Kuningan merupakan paduan logam seng dan logam tembaga dengan kadar tembaga yang lebih besar (sekitar 60%-96% massa). Jenis tembaga yang biasa digunakan untuk membuat plakat kayu kuningan adalah plat kuningan dengan kadar tembaga antara 60%-90%. Tembaga yang terdapat di dalam kuningan membuatnya bersifat antiseptik. Hal ini dapat kita lihat pada gagang pintu kuningan yang dapat mendisfeksi diri dari berbagai jenis bakteri dalam waktu 8 jam.

Bahan kuningan akan dikombinasikan dengan bahan dasar kayu, sehingga dapat terlihat kuningan menjadi ornamen hiasan yang membuat bahan kayu menjadi terlihat lebih sempurna. Selain kuningan, sebenarnya ada beberapa jenis logam lainnya yang juga biasa digunakan dalam pembuatan plakat yaitu perak, emas, besi dan juga timah.

Membuat plakat kayu kuningan   

Proses pembuatan plakat kayu kuningan hampir sama dengan jenis plakat lainnya. Hal pertama yang harus dimiliki adalah konsep. Baik plakat kayu kuningan, plakat kayu eksklusif, plakat akrilik, plakat resin maupun plakat jenis lainnya, ada konsep yang berasal dari skenario pembuatan plakat yang perlu ditulis. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan tujuan penggunaan plakat, apakah akan dijadikan sebagai kenang-kenangan untuk penghargaan pada sebuah acara. Konsep tersebut kemudian dituangkan dalam sebuah desain. Jika merasa kesulitan untuk membuat desain plakat kayu sendiri, maka Anda dapat menyerahkannya pada tim desain Satu Souvenir yang sudah berpengalaman dalam membuat desain berbagai jenis plakat.

Setelah konsep dan desain selesai dibuat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memotong bahan. Karena terdapat dua jenis bahan yang digunakan yaitu bahan kayu dan kuningan, maka proses pemotongannya akan sedikit berbeda. Bahan kayu dipotong menggunakan metode yang sudah ada, baik secara manual maupun menggunakan mesin. Sedangkan bahan kuningan berbentuk plat biasanya harus dipotong menggunakan mesin khusus.

Pada proses produksi ini terdapat sebuah proses bernama etsa logam. cara etsa logam menggunakan cairan asam kuat yang berfungsi untuk mengikis bagian permukaan logam yang tidak terlindungi. Tujuannya adalah untuk menciptakan desain pada logam kuningan. Etsa atau etching merupakan sebuah proses penting dalam pembuatan karya seni grafis berbahan dasar logam.

Proses etsa logam membutuhkan beberapa bahan pendukung seperti Feri Clorida 3 dalam bentuk serbuk, Hidrogen Klorida dalam bentuk cair, transfer paper, amplas dan beberapa jenis bahan lainnya. Desain yang sudah diprint pada transfer paper akan dipindahkan pada permukaan plat kuningan dengan cara dipress. Selain dengan cara ini, desain pada plat kuningan juga bisa digambar menggunakan spidol permanen di atas permukaan logam. Setelah desain berhasil ditransfer ke dalam plat kuningan langkah selanjutnya ialah mengikis plat agar mengikuti desain yang sudah dibuat dengan cara direndam pada cairan berbahan khusus. Amplas halus nantinya digunakan untuk mendukung proses finishing (memperhalus plat kuningan yang sudah menyatu dengan desain).

Selain menggunakan metode plat kuningan etsa, kuningan juga bisa diaplikasikan pada plakat kayu dengan cara dioleskan. Namun cara ini cukup jarang digunakan karena alasan ketahanan. Kombinasi antara kayu dan kuningan biasa dibuat dengan menggabungkan dua jenis bahan yang sudah rapi sehingga membentuk sebuah output plakat.

Untuk mendapatkan Plakat kayu berkualitas baik, tentu Anda harus menemukan tempat produksi yang sudah berpengalaman dan mampu memberikan jaminan kualitas yang mumpuni. Satu Souvenir berpengalaman dalam memproduksi plakat kayu dengan variasi bahan kuningan yang menghasilkan produk plakat berkesan elegan, mewah dan memiliki nilai tersendiri. Plakat kayu dengan variasi bahan kuningan memiliki eksklusifitas tersendiri yang membuatnya banyak dipesan oleh berbagai instansi baik pemerintah, BUMN, perusahaan dan instansi-instansi swasta. Tidak hanya menjadi sebuah penghargaan saja, plakat kayu dengan variasi kuningan dapat digunakan sebagai souvenir kenang-kenangan dalam acara kunjungan kerja dan berbagai momen penting perusahaan lainnya.

Jaminan kualitas dan pelayanan yang baik dibuktikan Satu Souvenir dengan memberikan layanan purna jual bergaransi. Jika plakat yang dipesan rusak sebelum diterima pelanggan atau karena proses pengiriman maka Satu Souvenir siap menggantinya dengan plakat baru tanpa tambahan biaya. Ada beberapa model plakat logo kuningan yang telah diproduksi, Anda dapat memilihnya dalam model PK1, PK2, PK3, PK4 dan PK5. Selain model plakat tersebut, Anda dapat memilih model sendiri secara custom dengan desain sesuai keinginan.

Proses pengiriman akan direkomendasikan menggunakan ekspedisi maupun cargo tercepat sehingga plakat dapat sampai tepat waktu sesuai plan yang sudah dibuat. Dukungan mesin canggih, tenaga ahli dan packaging yang aman membuat Satu Souvenir mampu mendeliver produk terbaiknya untuk seluruh konsumen. Hubungi kontak tersedia untuk pemesanan atau konsultasi pembuatan Plakat kuningan.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan souvenir promosi  BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini