5 Tips Dasar Membuat Content Plan untuk Pemasaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
Content Plan

Content plan adalah perencanaan yang disusun untuk mengembangkan konten yang menarik. Dengan perencanaan tersebut, Anda dapat menentukan aset pemasaran sehingga konten mudah untuk dibuat. Perencanaan dapat didasarkan pada karakteristik audiens sehingga sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Marketing content plan yang baik tidak sekadar memudahkan dalam membuat konten. Akan tetapi, dapat meningkatkan traffic bahkan penjualan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat content plan yang baik.

Cara Membuat Content Plan

Sebelum membuatnya, Anda perlu mengetahui jenis perencanaan konten. Perencanaan konten dapat dibuat dengan beberapa objektif, mulai dari brand awareness, keywords ranking, hingga conversions. Konten yang dibuat berdasarkan brand awareness berfokus pada cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek.

Sementara itu, konten yang dibuat berdasarkan keywords ranking berfokus agar konten yang dibuat berada di halaman awal mesin pencarian. Dengan kata lain, konten yang dibuat bisa dengan mudah ditemukan. Terakhir, ada perencanaan yang dibuat berdasarkan conversions yang berarti konten dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Apapun perencanaan konten yang hendak Anda buat, ikutilah tips berikut!

Baca Juga: Strategi Market Driven: Fokus terhadap Target yang Jelas

Menentukan target audiens

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan target audiens. Kemudian, cari tahulah informasi atau data terkait audiens tersebut. Dengan data tersebut, Anda bisa membuat rancangan konten dengan tepat sasaran.

Memilih channel publikasi

Anda perlu juga memilih channel yang hendak digunakan untuk publikasi. Website perusahaan dapat Anda jadikan pilihan utama. Namun, jika tidak memiliki, Anda bisa memanfaatkan dan memaksimalkan berbagai akun media sosial.

Memahami kelebihan produk

Kelebihan produk yang Anda tawarkan harus benar-benar dipahami. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menunjukkan perbedaan produk dengan kompetitor sehingga terlihat lebih unik. Menunjukkan kelebihan akan menjadi nilai tambah bagi konten.

Menunjukkan manfaat produk

Selain kelebihan, Anda pun harus bisa menunjukkan nilai manfaat dari produk yang ditawarkan. Pastikan bahwa manfaat dari produk tersebut merupakan solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh target audiens Anda sehingga tampak selaras.

Memilih format konten

Format konten dapat disesuaikan dengan audiens, pesan, serta platform yang digunakan. Jika memanfaatkan media sosial, Anda bisa merencanakan untuk membuat konten yang berupa gambar, infografis, atau video singkat.

Membuat calender content plan

Kalender perencanaan konten perlu juga dibuat agar rencana yang dibuat lebih teratur. Selain itu, langkah-langkah yang hendak dilakukan juga lebih. Alhasil, konten pun dapat dibuat dengan lebih konsisten.

Siapkanlah perencanaan konten untuk menghadirkan konten yang lebih terarah dan teratur.