Perlu Dipelajari Sekarang! Trik Tingkatkan Customer Loyalty

Facebook
Twitter
LinkedIn
Customer Loyalty

Saat Anda menjalankan sebuah bisnis, sadarilah betapa pentingnya customer loyalty atau kesetiaan pelanggan. Loyalitas pelanggan menjadi salah satu faktor yang dapat mendatangkan keuntungan bisnis. Lantas, apa itu customer loyalty? Kesetiaan pelanggan adalah pelanggan yang secara terus-menerus melakukan pembelian produk sebuah brand.

Indikator customer loyalty setidaknya ada enam Adapun indikator tersebut adalah melakukan pembelian ulang produk, menggunakan merek tersebut secara berulang, selalu menyukai merek tersebut, tetap memilih merek tersebut, meyakini bahwa merek tersebut yang terbaik, serta tidak ragu untuk merekomendasikan merek tersebut ke orang lain.

Membangun kesetiaan pelanggan dirasa penting karena dianggap lebih hemat biaya daripada mencari pelanggan baru. Hal ini karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi atau pemasaran ke calon konsumen baru. Di samping itu, kesetiaan pelanggan juga bisa meningkatkan reputasi perusahaan di mata masyarakat.

Baca Juga: Mencari Tahu Lebih Lanjut Apa Itu Internet Marketing

Upaya Meningkatkan Customer Loyalty

Karena begitu penting, tidak salah jika banyak perusahaan berupaya untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Memahami kebutuhan konsumen

Anda bisa menentukan terlebih dahulu target pasar untuk produk yang dibuat. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu kebutuhan mereka. Atas dasar tersebut, Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan sehingga akan selalu dicari oleh konsumen.

Menghadirkan program loyalitas pelanggan

Ada banyak program customer loyalty yang bisa diadakan oleh sebuah perusahaan. Misalnya saja, ada diskon khusus bagi pelanggan setia yang memiliki kartu keanggotaan. Di samping itu, Anda bisa memberikan poin yang bisa ditukarkan merchandise tertentu setiap kali konsumen melakukan transaksi pembelian produk.

Meminta kritik dan saran dari pelanggan

Loyalitas pelanggan juga bisa ditingkatkan dengan menerima kritik dan saran pelanggan. Anda bahkan bisa memintanya dengan mengajukan kuesioner atau meminta pelanggan untuk mengisi lembaran pertanyaan. Hal ini juga dapat menjadi catatan evaluasi untuk perusahaan.

Memaksimalkan media sosial dan website

Media sosial dan website yang dikelola perusahaan dapat juga ditingkatkan demi kenyamanan pelanggan. Media sosial dan website yang senantiasa diperbaharui akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait produk baru, promo, atau diskon yang ditawarkan oleh perusahaan.

Mengutamakan kepuasan pelanggan

Hal yang paling penting untuk dilakukan akan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk serta pelayanan perusahaan. Jika pelanggan menyampaikan keluhan, perusahaan harus menanganinya dengan sigap.

Pada intinya kesetiaan pelanggan muncul karena perusahaan senantiasa memberikan yang terbaik untuk mereka. Jadi, mulailah untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan demi kemajuan bisnis.