Cara Desain Plakat (Etcing/Etsa) Gift Logam Kuningan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penasaran Gak Sih Gimana Cara Desain Plakat  Logam Kuningan?

Desain plakat akan sangat menentukan output plakat yang dihasilkan. Semakin baik desain yang dibuat maka plakat yang dihasilkan pun akan mengikuti. Akan tetapi transfer desain menjadi sebuah produk dibutuhkan eksekusi yang berlangsung pada proses produksi. Pada proses inilah keahlian dan ketelitian membuat plakat sangat dibutuhkan. Tanpa adanya eksekusi yang tepat, desain bagus hanya akan menjadi sebuah desain.

Desain plakat
Logam kuningan miniatur spbu pertamina unik

Ada bermacam-macam plakat yang mudah ditemui di pasaran. Plakat kayu, plakat logam, plakat resin, plakat fiber dan plakat akrilik merupakan salah satunya. Belakangan produk desain plakat akrilik yang menjadi idola para pemesan plakat. Selain karena harganya yang lebih bersahabat, bahan akrilik terlihat lebih modern dan elegan sehingga cocok untuk berbagai kesempatan. Desain plakat disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Jika dulunya plakat hanya lekat dengan produk penghargaan dan trophy, kini plakat dapat digunakan menjadi tanda mata atau souvenir untuk berbagai acara. Untuk momen santai seperti wisuda maupun pernikahan, memberikan plakat akrilik tentu menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk acara-acara formal seperti pertemuan kerjasama antar perusahaan ataupun kunjungan kerja, memberikan plakat kayu kuningan menjadi pilihan yang paling tepat.

Seperti namanya, plakat kayu kuningan terbuat dari 2 bahan utama yaitu bahan kayu dan bahan kuningan. Pada proses pembuatannya biasanya bahan kayu langsung dikombinasikan dengan grafir logam yang sudah memiliki desain dan kemudian menghasilkan produk plakat kuningan yang mewah dan elegan. Bahan kuningan dengan citra warna emas memberikan kesan mahal dan megah, kolega maupun patner kerja perusahaan Anda pun akan sangat merasa diperhatikan dengan diberi kenangan-kenangan souvenir terbaik.

Membuat tulisan/gambar pada plat kuningan

Dalam proses pembuatan plakat kayu kuningan, proses yang cukup rumit terdapat pada proses membuat tulisan di kuningan. Proses ini dikenal dengan proses etsa/etching logam. Tujuan dilakukannya adalah untuk mengikis permukaan logam agar mengikuti desain yang sudah ditransfer.

Desain plakat kerajinan kuningan helm tambang
Kerajinan kuningan helm tambang

Metode pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mentransfer desain pada permukaan logam menggunakan bantuan kertas transfer. Proses ini hampir sama dengan proses sablon karena membutuhkan bantuan setrika untuk menekan kertas transfer ke permukaan logam. Selain menggunakan kertas transfer, metode kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggambar desain secara langsung pada permukaan logam kuningan. Karena dikerjakan secara manual, tentunya metode kedua ini harus dikerjakan dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian. Alat gambar yang digunakan adalah spidol permanen.

Tulisan di kuningan sebenarnya juga bisa dihasilkan dengan cara mengoleskan logam kuningan pada bahan kayu yang telah diukir. Namun cara ini cukup jarang digunakan pada proses pembuatan plakat kayu kuningan karena berbagai alasan.

Setelah desain berhasil tertransfer pada permukaan logam baik menggunakan kertas transfer maupun digambar, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mengikis plat dengan cara dimasukkan ke dalam wadah. Wadah tersebut sudah memiliki cairan khusus yang berasal dari air panas, FeCL3, HCL dengan menggunakan perbandingan 3:1:1/3. Goyang-goyangkan plat di dalam wadah tersebut hingga plat kuningan terkikis dengan kedalaman yang diinginkan. Setelah selesai kemudian angkat plat dari wadah dan bersihkan. Tinta print yang menempel pada permukaan plat kemudian dibersihkan dengan cara digosok perlahan menggunakan kertas amplas.

Ada banyak contoh desain plakat kayu kuningan yang dimiliki Satu Souvenir. Desain tersebut dibuat oleh tenaga ahli desain yang berpengalaman dalam pembuatan desain grafis untuk plakat. Semakin banyaknya permintaan terhadap plakat, maka semakin banyak produsen-produsen plakat yang bermunculan. Masing-masing produsen tentu memiliki standar produk dan jaminan kualitasnya sendiri. Untuk memastikan Anda mendapatkan produk plakat terbaik, pilihlah produsen plakat yang sudah berpengalaman dan konsisten dalam memproduksi berbagai macam produk plakat.

Satu Souvenir adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang souvenir perusahaan/korporasi. Produk-produk yang dihasilkan diantaranya adalah plakat, souvenir perusahaan, medali, trophy, name tag/pin dan berbagai jenis tanda mata lainnya.

Memesan plakat pada Satu Souvenir dipastikan mendapatkan rekomendasi desain terbaik karena Desain plakat kayu maupun jenis plakat lainnya dikerjakan oleh tim handal. Pelayanan terbaik diberikan pada seluruh konsumen dari mulai konsultasi desain, eksekusi pembuatan plakat, packaging hingga proses pengiriman. Proses produksi dapat selesai lebih cepat dengan dukungan dari mesin-mesin canggih. Salah satu mesin canggih yang cukup menunjang proses produksi adalah mesin laser grafir trotec, mesin ini mampu memotong bahan dengan sangat presisi dan teliti.

Garansi pembelian juga diberikan untuk semua pesanan dari pelanggan. Satu Souvenir memastikan bahwa pesanan sampai di tangan pelanggan dengan kondisi benar-benar baik dan dapat langsung digunakan. Jika menemukan adanya kerusakan plakat sebelum barang diterima, maka Anda dapat melakukan klaim garansi untuk mengganti plakat tersebut dengan plakat baru. Sebagai langkah awal, Anda dapat menghubungi tim Satu Souvenir untuk mendiskusikan design plakat.

Tunggu apalagi? Pesan Plakat Anda Sekarang Juga!!