Digitalisasi Bisnis: Dampak Positif Kemajuan Teknologi

Facebook
Twitter
LinkedIn
digitalisasi bisnis

Kemajuan teknologi merambah ke berbagai bidang, termasuk bisnis, hingga pada akhirnya muncul istilah digitalisasi bisnis. Apa itu digitalisasi bisnis? Istilah tersebut mengacu pada integrasi teknologi yang mengubah cara berbisnis. Dampak dari digitalisasi adalah kepraktisan dalam berbagai hal.

Dapat dikatakan juga bahwa konsep inti digitalisasi bisnis adalah memanfaatkan media digital. Media digital adalah format konten atau informasi yang dapat diakses melalui perangkat digital. Digitalisasi dimanfaatkan karena dapat menghemat biaya, memangkas waktu, dan memudahkan pelanggan.

Langkah Melakukan Digitalisasi Bisnis

Digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi proses, konsistensi, dan kualitas perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya sebuah perusahaan menerapkan sistem digitalisasi. Adapun langkah penerapannya adalah sebagai berikut.

  • Membuat model bisnis: Penerapan teknologi digital dapat dilakukan pada sebagian atau keseluruhan aspek perusahaan. Contoh digitalisasi bisnis yang bisa dilakukan adalah terkait penjualan. Penjualan yang dulu offline kemudian diubah online. Sistem kerja juga dapat diubah dari harus datang ke kantor, kerja bisa dilakukan dari jarak jauh.
  • Menentukan platform: Platform yang hendak digunakan juga berkaitan dengan aspek yang hendak digitalisasi. Jika hendak mengubah penjualan offline menjadi online, e-commerce dapat dimanfaatkan. E commerce adalah transaksi yang dilakukan secara daring. Contohnya adalah melakukan jual beli di marketplace atau sosial media.
  • Memanfaatkan website dan media sosial: Rasanya saat ini hampir sebagian besar perusahaan memiliki website. Dengan memiliki website, perusahaan telah menunjukkan sikap profesional. Website tersebut dapat didukung dengan memaksimal media sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten yang sesuai.
  • Mempelajari digital marketing dan SEO: Jika sudah membuat website, perusahaan mau tidak mau harus mengenali digital marketing dan SEO. Adanya SEO akan membuat website perusahaan berada pada halaman pertama pencarian pada keywords tertentu. Sementara itu, digital marketing akan memengaruhi pemasaran dan promosi produk.
  • Menggunakan perangkat lunak pendukung: Karena berhubungan dengan teknologi digital, tentu perusahaan membutuhkan gawai sebagai pendukungnya. Pada gawai tersebut bisa dilengkapi berbagai perangkat lunak yang sesuai untuk mendukung aktivitas yang telah dialihkan ke sistem digital.

Jadi, hendak menerapkan digitalisasi di perusahaan Anda? Pastikan sistem yang hendak Anda terapkan sesuai dengan budaya perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesusahan dalam menerapkannya.

BACA JUGA: IDENTIFIKASI MASALAH BISNIS YANG MENGINTAI USAHA ANDA!