5 Ide Strategi Pemasaran Produk Kreatif untuk Bisnis Anda!

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Ide Strategi Pemasaran Produk Kreatif untuk Bisnis Anda!

Strategi pemasaran produk adalah bagian penting dalam bisnis. Tanpa adanya strategi yang bagus, bukan tidak mungkin produk yang telah dibuat tidak laku di pasaran. Terlebih lagi, kompetitor bisnis dari hari ke hari makin banyak jumlahnya.

Sebagai pebisnis Anda harus memikirkan strategi pemasaran produk baru dengan kreatif. Dengan begitu, calon konsumen Anda akan merasa tertarik sehingga cepat mengambil keputusan untuk membelinya. Hal ini tentu akan membantu perusahaan dalam mencapai omzet. Selain itu, perusahaan juga dapat mempertahankan konsumen yang loyal.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Penjualan Produk dengan Efektif

Apa Saja Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Diterapkan?

Tentunya ada beragam jenis strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan di perusahaan. Anda bisa memilih dan memilah strategi yang cocok untuk diterapkan pada produk Anda. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran dasar yang bisa Anda terapkan.

1. Maksimalkan program customer loyalty

Program customer loyalty tidak sekadar mendukung pemasaran produk. Akan tetapi, program tersebut akan mempertahankan konsumen setia untuk terus memakai produk Anda. Program yang dimaksud sangatlah beragam, seperti adanya kartu keanggotan yang memberikan beberapa keuntungan kepada konsumen loyal setiap kali melakukan pembelian produk.

2. Hadirkan pengalaman konsumen dengan gamification marketing

Jika target pasar Anda sebagian besar adalah kaum milenial, tidak ada salahnya untuk menerapkan gamification marketing. Pemasaran dengan memanfaatkan permainan cenderung akan lebih berhasil memberikan pengalaman kepada konsumen. Di samping itu, cara promosi yang demikian juga jarang dilakukan oleh para pebisnis.

3. Gunakan User Generated Content (UGC)

Anda dapat membuat konten yang mengulas sisi positif dari produk yang ditawarkan. Bila ingin lebih dipercaya oleh konsumen, Anda bisa menggandeng influencer yang memang memiliki pengaruh besar. Namun, jika Anda tidak memiliki dana yang cukup, Anda bisa menjadikan testimoni dari pelanggan untuk membuat konten pemasaran.

4. Jalin kerja sama dengan relasi

Kerja sama dengan relasi perlu juga Anda lakukan. Hal ini untuk mempermudah Anda dalam mencapai tujuan bisnis. Karena itulah, penting untuk memilih relasi dengan tujuan utama yang sama. Di samping itu, dengan bekerja sama dengan relasi, target pasar akan makin luas. Dengan begitu, prospek penjualan produk akan makin meningkat.

5. Berikan insentif kepada pelanggan

Pemberian insentif kepada pelanggan dapat juga Anda lakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan syarat pembelian atau dikaitkan dengan pengumpulan poin atas kartu keanggotaan. Pelanggan dapat menukar poin atau berhak memilih hadiah setelah melakukan pembelian dalam nominal tertentu. Di samping itu, pelanggan bisa juga mendapatkan voucher dengan syarat tertentu.

Pilihlah strategi pemasaran produk yang tepat untuk perusahaan Anda. Lakukan evaluasi juga terhadap penerapan strategi tersebut untuk mengetahui apakah ada celah yang bisa diperbaiki.