5 Langkah Efektif Kelola Persediaan Barang di Gudang

Facebook
Twitter
LinkedIn
persediaan barang

Stok barang atau persediaan barang adalah barang yang tersedia di perusahaan untuk memenuhi kegiatan usaha. Biasanya, stok barang dibedakan menjadi bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang jadi. Penyimpanan stok barang di perusahaan biasanya di gudang khusus. Meski demikian, terkadang perusahaan kelabakan dalam mengelolanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan bisa menyediakan kartu persediaan barang, laporan persediaan barang, atau aplikasi persediaan barang. Hal-hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung manajemen pengelolaan stok barang di gudang.

Langkah Efektif Mengelola Persediaan Barang

Stok barang memanglah harus dikelola agar tidak terjadi masalah. Adanya pengelolaan stok barang yang baik juga akan memudahkan untuk mengetahui kebutuhan perusahaan sehingga pengadaan dapat dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah langkah efektif yang bisa dilakukan dengan mengelola stok barang di gudang.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis yang Hadirkan Keuntungan Maksimal

Membuat perencanaan

Perencanaan dibutuhkan untuk mengelola stok barang. Anda bisa menyiapkan konsep hingga strategi pengelolaan. Adanya perencanaan yang baik akan meminimalkan risiko dead stock. Jika terjadi dead stock, akan menyebabkan produk dijual murah. Dengan kata lain, perencanaan yang baik menjadikan pengadaan barang tidak kurang atau berlebih.

Memahami sistem pengelolaan

Sistem pengelolaan juga perlu dipahami dengan baik oleh perusahaan Anda. Sistem tersebut pada dasarnya bergantung pada jenis barangnya. Misalnya, untuk persediaan barang berupa makanan, tentu perlu memperhatikan masa kedaluarsa. Hal ini berbeda dengan barang-barang lain yang bisa mengabaikan masa kedaluarsa.

Membuat SOP yang matang

Standar Operasional Prosedur juga perlu dibuat dengan matang. Anda bisa memulainya dengan mengatur tim yang mengelolanya. Setelah itu, Anda bisa mengatur sistem pencatatan stok barang. Misalnya, dalam pencatatan Anda mempertimbangkan ukuran, jenis, harga, atau jumlah sebagai dasar untuk pengategorian.

Menyusun jadwal persediaan

Adanya SOP akan sangat membantu stok barang di gudang. Meski demikian, Anda tetap harus membuat penjadwalan persediaan. Dengan jadwal tersebut, Anda bisa melakukan pembelian barang dengan tepat waktu. Alhasil, di gudang tidak ada barang yang berlebih dan kurang. Proses produksi pun dapat berjalan dengan lancar.

Merinci anggaran

Adanya jadwal dan perencanaan membuat rincian anggaran lebih mudah dibuat. Anda bisa merinci anggaran belanja pengadaan stok barang di gudang setiap bulannya. Kalau pun berubah kemungkinan besar bergantung pada harga barang di pasaran. Silakan ikuti langkah-langkah tersebut untuk menjadikan stok barang di gudang lebih tertata rapi.