Kenali Strategi Brand Trust, Bangun Kepercayaan Pelanggan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Brand Trust

Penting bagi seorang yang bergerak di bidang bisnis untuk mengenali apa itu brand trust. Brand trust adalah penilaian kepercayaan pelanggan terhadap suatu brand. Kepercayaan pada brand ini harus dibangun dengan baik oleh perusahaan. Pasalnya, jika gagal meningkatkannya, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan beralih ke produk dari brand lain. Dengan kata lain, kepercayaan terhadap pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Baca juga: Optimalkan Consumer Insight, Pahami Konsumen dengan Baik

Strategi Meningkatkan Brand Trust

Anda tentu ingin kepercayaan konsumen terhadap brand yang Anda bangun meningkat, bukan? Untuk meningkatkan brand trust, perusahaan membutuhkan strategi yang tepat. Adapun strategi yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui tujuan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tujuan dari meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand. Salah satu tujuannya adalah untuk menguasai situs ulasan. Kepercayaan pelanggan terhadap brand akan memunculkan komentar positif. Di samping itu, tujuan dapat juga berupa mendapatkan loyalitas pelanggan.

2. Memiliki brand lead

Brand lead yang dimaksud adalah tim khusus yang menangani peningkatan kepercayaan pelanggan terhadap brand. Tim khusus tersebut bertugas untuk menjalankan visi dan misi brand demi tergapainya kepercayaan pelanggan.

3. Melakukan brand storytelling

Brand storytelling dapat berupa cerita yang berbentuk narasi. Cerita dapat dikemas dalam bentuk video agar lebih menarik. Hal-hal yang diceritakan dapat berupa nilai atau sisi unik dari brand. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui kelebihan dari brand sehingga bisa loyal.

4. Memberikan pengalaman konsisten

Pelayanan yang baik tentu meninggalkan bekas yang baik pula pada pelanggan. Pengalaman mendapat pelayanan baik tersebut sebaiknya didapatkan secara konsisten. Artinya, perusahaan harus mempertahankan cara melayani pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan.

5. Berfokus pada hubungan

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Perusahaan jangan hanya berfokus pada penjualan. Akan tetapi, utamakanlah hubungan dengan pelanggan. Jika hubungan baik, tentu penjualan juga akan meningkat.

Selain langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, perusahaan juga harus transparan terhadap pelanggan. Kejujuran dari perusahaan akan berdampak baik. Salah satu dampaknya adalah pelanggan akan merekomendasikan produk tanpa diminta oleh perusahaan.

Sudah, siapkah Anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand?