5 Cara Manfaatkan Affiliate Marketing untuk Raup Untung!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan jasa afiliasi profesional. Metode pembayaran jasa afiliasi tersebut dapat dilakukan dengan sistem pembayaran di awal atau per produk yang berhasil di jual. Program affiliate marketing ini berbeda dari reseller.

Cara kerja affiliate marketing adalah seseorang yang bertindak sebagai afiliator berkewajiban untuk menjual produk dari sebuah perusahaan tanpa syarat apapun. Berbeda dengan reseller, afiliator tidak perlu membeli produk. Seorang afiliator bisa mendapatkan komisi sebesar 20% sampai 40% dari produk yang berhasil dijual.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Bisnis yang Sepatutnya Anda Pegang!

Cara Memanfaatkan Affiliate Marketing untuk Meraup Keuntungan

Agar mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, sebuah perusahaan harus memilih affiliate marketing terpercaya. Setelah mendapatkannya, maksimalkan jasa sang afiliator untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Ceruk Pasar yang Tepat

Anda harus menentukan ceruk pasar atau niche yang tepat. Bila perlu, Anda mengetahui dengan detail ceruk pasar yang dipilih. Dengan begitu, memenuhi permintaan pasar dengan lebih baik sehingga kepuasan pelanggan dapat digapai.

2. Menyesuaikan Platform dengan Ceruk Pasar

Setelah mendapatkan ceruk pasar, Anda bisa memilih platform yang sesuai untuk melakukan program promosi. Dengan begitu, produk atau jasa yang dipromosikan dapat dikenal dengan baik oleh konsumen. Anda bisa memanfaatkan berbagai media, baik offline maupun online.

3. Bergabung dengan Jaringan Afiliasi Pemasaran

Anda dapat juga bergabung dengan jaringan afiliasi pemasaran. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bergabung dengan jaringan tersebut adalah mendapatkan afiliator yang sudah terampil dan berpengalaman. Hal ini tentu akan menjadikan promosi menjadi lebih baik.

4. Memperluas Jaringan atau Koneksi

Jaringan atau koneksi yang luas akan membuat perusahaan Anda mudah dalam menjangkau audiens yang lebih banyak. Hal ini tetap harus Anda lakukan meski telah mengandalkan jasa afiliator. Anda pun bisa tetap melakukan promosi secara digital untuk memperkuat branding.

5. Mengembangkan Keterampilan Pemasaran

Sama halnya dengan strategi pemasaran lainnya, program afiliasi ini juga membutuhkan keterampilan khusus. Anda bisa mengembangkan kemampuan dalam membuat copywriting atau membuat konten visual, seperti gambar, infografik, hingga video.

Siapkan Anda untuk menerapkan strategi marketing jenis ini di perusahaan Anda? Apapun strategi marketing yang Anda terapkan, pastikan Anda merencanakannya dengan baik dan tentunya juga perlu Anda evaluasi.