5 Kiat Menentukan Media Promosi Perusahaan yang Tepat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Media Promosi

Media promosi adalah media yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi, baik secara langsung dan tidak langsung, kepada konsumen. Fungsi media promosi adalah menawarkan produk atau jasa kepada konsumen supaya mau untuk membeli atau memakainya. Perusahaan bisa memanfaatkan macam macam media promosi yang ada.

Jika ingin memanfaatkan teknologi, media promosi online dapat menjadi jawabannya. Bahkan, media semacam ini dirasa lebih efektif dan hemat biaya daripada iklan offline. Contoh media promosi online yang bisa digunakan adalah membuat konten instagram yang dapat berupa gambar produk, video singkat, atau reels.

Baca Juga: Website Bisnis: Inilah 7 Alasan Penting untuk Membangunnya

Tips Menentukan Media Promosi Perusahaan

Banyaknya pilihan media untuk beriklan terkadang membuat perusahaan bingung dalam memilih. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti dalam menentukan media untuk beriklan.

  • Menentukan budget

Membuat iklan promosi tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai merancang budget yang dibutuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi agar budget yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan sesuai dengan anggaran perusahaan. Perencanaan budget ini bisa dilakukan setelah melakukan analisis terkait media iklan yang hendak digunakan.

  • Menentukan segmen pasar

Segmen pasar menjadi dasar dalam pembuatan iklan perusahaan. Jika perusahaan sudah mengetahui segmen pasar, pemilihan media iklan akan lebih mudah. Sebagai contoh, jika segmen pasar yang dituju adalah anak usia remaja hingga dewasa, media iklan yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial. Hal ini karena sebagian besar remaja dan orang dewasa gemar menggunakannya.

  • Membuat materi iklan

Pembuatan materi iklan juga didasarkan pada segmen pasar. Dengan memperhatikan segmen pasar, materi iklan akan lebih sesuai dan relate. Oleh karena itu, sebaiknya materi berupa jawaban atas keresahan yang dialami oleh konsumen yang menjadi target pasar. Materi iklan juga sebaiknya dikemas menarik dan mudah diingat.

  • Memilih media

Media untuk beriklan setidaknya dibedakan menjadi dua macam, yaitu media online dan offline. Media offline dapat berupa brosur, poster, hingga merchandise. Sementara itu, media online lebih banyak macamnya, mulai dari gambar, infografik, hingga video. Selain itu, ada juga media elektronik, seperti iklan di radio atau televisi.

  • Memanfaatkan jasa advertisement

Jika pembuatan iklan dirasa merepotkan perusahaan, ada baiknya Anda memanfaatkan jasa advertisement. Anda akan mendapat arahan terkait media iklan yang sebaiknya dipilih. Kemudian, materi iklan juga akan dibantu disiapkan. Hanya saja, Anda harus menyiapkan budget yang lebih jika ingin melakukan langkah demikian.

Dengan mengikuti tips tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi dalam menentukan media untuk beriklan. Pastikan Anda melakukan persiapan yang baik agar promosi dapat dilakukan dengan maksimal. Akan lebih baik lagi jika perusahaan Anda menyiapkan tim khusus untuk promosi.