7 Tips Membuat Katalog Online, Lebih Mudah Temukan Produk

Facebook
Twitter
LinkedIn
7 Tips Membuat Katalog Online, Lebih Mudah Temukan Produk

Agar penjualan produk perusahaan makin bagus, Anda bisa membuat katalog online. Anda bisa juga membuat web katalog online supaya dapat diakses oleh masyarakat luas dengan mudah. Konsumen bisa melihat daftar produk yang ditawarkan sehingga bisa menyesuaikan produk dengan kebutuhan. Di samping itu, katalog produk juga menjadikan konsumen mendapatkan product knowledge serta informasi harga produk yang dapat memengaruhi keputusan pembelian produk.

Cara Membuat Katalog Online untuk Produk

Besarnya kebermanfaatannya, tentu membuat Anda ingin membuat katalog produk secara daring, bukan? Anda bisa mengikuti cara membuat katalog online untuk produk yang kami bahas berikut.

Menentukan target audiens

Sebelum membuat katalog, Anda perlu menentukan target audiens terlebih dahulu. Target audiens dapat Anda tentukan berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, pekerjaan, hingga hobi. Dengan begitu, Anda bisa membuat katalog yang sesuai dengan audiens, baik dari segi bahasa hingga produk yang ditampilkan.

Menggunakan visual menarik

Katalog yang Anda buat sebaiknya menampilkan visual yang menarik. Hal ini bisa diupayakan dengan menyajikan foto yang eye catching. Foto produk dapat dibuat dengan menggunakan model manusia meskipun hanya satu bagian tubuh saja. Di samping itu, pemotretan foto produk dapat memanfaatkan properti tertentu.

Baca juga : Soft Selling: Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Anda!

Membuat desain katalog

Selain dengan menunjukkan foto yang eye catching, katalog sebaiknya didesain dengan menarik pula. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih warna yang tidak terlalu mencolok. Jika katalog berbasis website, pastikan website mudah diakses dan digunakan sehingga tidak membuat audiens yang membukanya merasa bingung.

Memanfaatkan software

Anda bisa juga memanfaatkan software atau perangkat lunak tertentu sehingga proses pembuatannya mudah dilakukan. Umumnya, software pembuatan katalog ini akan mengubah file berbentuk PDF menjadi dokumen daring. Anda bisa memanfaatkan software FlipHTML5, Publitas, Flipsnack, atau AnyFlip.

Menyertakan informasi brand

Katalog tidak sekadar memuat produk yang hendak ditawarkan. Anda bisa menyertakan informasi brand, seperti nama brand, logo, hingga biodata singkat. Kontak yang bisa dihubungi juga dapat Anda cantumkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan audiens yang membacanya untuk menghubungi perusahaan Anda.

Memerhatikan jangka waktu penggunaan

Membuat katalog produk secara daring bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anda harus memperhitungkan waktu, tenaga, hingga biaya. Di samping itu, Anda pun harus mempertimbangkan jangka waktu penggunaan katalog. Akan lebih baik jika katalog diperbaharui secara berkala agar lebih up to date.

Mempromosikan katalog

Setelah jadi, Anda perlu mempromosikan katalog kepada audiens yang sudah di targetkan. Anda bisa menautkan link katalog di website perusahaan atau media sosial yang dikelola di perusahaan. Bila perlu, Anda bisa menyampaikannya secara langsung kepada konsumen saat melakukan penawaran secara personal.

Jadi, sudah siap untuk buat katalog online untuk produk Anda?