Cara Membuat Medali Kuningan yang Berkualitas

Facebook
Twitter
LinkedIn

Cara Membuat Medali Kuningan yang Berkualitas

Medali menjadi benda kecil tetapi cukup krusial keberadaannya. Pasalnya, untuk bisa mendapatkan benda yang satu ini, seseorang harus melalui perjuangan yang cukup menguras waktu dan tenaga. Contohnya saja, medali olahraga, di mana seseorang harus bisa mengalahkan ratusan hingga ribuan peserta untuk mendapatkan medali. Selain itu, medali wisuda, di mana seseorang menempuh pendidikan selama bertahun – tahun hingga akhirnya dinyatakan lulus dan bangga mengenakan medali. Cara membuat desain medali dapat berawal dari melihat contohnya. Dengan begitu, akan muncul inspirasi medali berkualitas. Cara membuat desain medali dimulai dengan menentukan bahan hingga membuat desainnya.

Jenis medali kuningan untar
Medali untar

Dikarenakan peranannya yang penting itulah tidak sembarangan buat medali dibentuk. Pemilihan desain juga harus tepat sesuai dengan acara yang dilakukan. Selain itu, pemilihan bahan juga harus tepat. Pasalnya, setiap bahan juga memiliki karakteristik tersendiri.

Bahan yang paling banyak digunakan untuk buat medali murah adalah kuningan. Mengapa harus kuningan? Apa keistimewaan dari bahan yang satu ini.

Pemilihan kuningan sebagai bahan medali

Beberapa keunggulan kuningan sebagai bahan medali sendiri memang cukup menguntungkan. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan kuningan sebagai bahan medali.

1. Awet dan tahan akan benturan

Apabila dilihat dari kualitas bahannya, kuningan sendiri merupakan bahan yang tahan akan benturan. Bahkan bahan ini cenderung lebih kuat, bahkan jika jatuh sekalipun tidak akan mungkin pecah. Tidak hanya itu saja, kuningan merupakan jenis logam yang tidak mudah berkarat. Dengan begitu, akan lebih tahan pada perubahan suhu. Bahkan jika diletakan di luar ruangan sekalipun.

2. Memiliki bentuk yang beragam 

Kuningan merupakan logam dengan titik lebur yang rendah. Dengan begitu, logam ini lebih mudah dibentuk atau dicetak dengan berbagai bentuk. Berbeda dengan bahan platinum yang memiliki titik lebur tinggi sehingga sulit untuk dibentuk. Sehingga memang jarang digunakan untuk pembuatan medali.

Untuk buat medali kuningan sendiri hanya perlu dicetak pada pola yang sudah dibentuk. Kemudian baru memberikan desain yang diinginkan dan dibentuk sesuai keinginan agar hasilnya maksimal.

3. Waktu pengerjaan lebih cepat

Waktu buat medali Jogja sendiri bermacam – macam. Hal tersebut tergantung akan bahan yang digunakan. Namun untuk medali dari kuningan ini membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup cepat. Pasalnya, pembentukan pola tidak dilakukan secara manual, melainkan langsung dengan cara dicetak. Tentu proses pengerjaan yang satu ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Belum lagi, dibandingkan dengan titanium yang merupakan logam terkeras di bumi, kuningan merupakan logam yang cukup lunak. Jadi pembuatan medali bahan kuningan akan lebih cepat. Sehingga Anda jika ingin membutuhkan medali dalam waktu cepat, maka bahan kuningan adalah jawabannya.

4. Harga murah 

Tentu saja, dibandingkan medali dari emas, perak atau perunggu, bahan kuningan lebih murah. Pasalnya, logam ini bukanlah logam mulai yang langka dan sulit ditemukan. Belum lagi, medali yang dibuat akan full dari kuningan.

Hal ini berbeda dengan medali emas, yang lebih banyak hanya sepuhannya saja atau bagian luarnya. Sedangkan bagian dalamnya 92% terbuat dari perak. Namun begitu, harganya juga cukup mahal.

Pembuatan medali kuningan 

Buat medali kuningan sendiri ada beberapa langkah. Langkah pertama adalah menentukan desain atau pola dari medali yang dibutuhkan. Sedangkan untuk langkah pembuatannya ada dua cara yang dilakukan, yakni sistem cor dan sistem etching. Untuk sistem etching sendiri lebih dikenal dengan sistem grafir dengan menggunakan bahan kimia dalam proses grafirnya. Kelebihan dari sistem etching ini adalah proses pembuatan yang lebih cepat dan bisa mencetak tulisan yang kecil dengan sempurna. Tak ayal, Anda juga bisa buat medali 3D dengan proses ini.

Dapatkan souvenir berkualitas dan elegan untuk keperluan dan kebutuhan perusahaan Anda, hanya di 1souvenir.id pusat pembuatan berbagai jenis souvenir BERGARANSI dengan harga kompetitif dan mengedepankan kualitas produk. Segera hubungi kontak 1Souvenir.Id yang tertera di website ini untuk info pembuatan dan pemesanan souvenir eksklusif. Untuk anda yang ingin membeli souvenir produk ini bisa anda hubungi kami langsung caranya bisa klik langsung disini

Sedangkan untuk sistem cor sendiri, kebanyakan menggunakan master sebagai pengganti filmnya. Hanya saja, proses pembuatan medali kuningan dengan sistem ini harus dalam jumlah pesanan yang banyak. Tidak hanya itu, untuk mencetak tulisan yang kecil pun juga kurang bagus hasilnya.

Setelah proses pembuatan selesai dilakukan maka medali akan dipoles. Langkah pemolesan ini dilakukan guna memunculkan warna medali sehingga lebih terkesan berkelas. Barulah, langkah buat medali terakhir adalah pemasangan kain yang digunakan agar medali bisa dikalungkan. Untuk pemilihan kain bisa kain bludru untuk medali wisuda.

Lama proses pembuatan 

Seperti yang disinggung sebelumnya, lama proses pembuatan medali kuningan cukup dibandingkan dengan beberapa logam lainnya, seperti diamond. Namun ada beberapa faktor yang membuat pengerjaan medali kuningan bisa cukup lama. Seperti dari jumlah pesanan karena memang lebih banyak digunakan untuk medali wisuda atau kerumitan desain.

Harga medali kuningan 

Untuk harga medali kuningan sendiri terbilang cukup terjangkau. Terlebih lagi, buat medali kuningan juga tidak terlalu lama prosesnya. Hasil yang diberikan pun juga berkelas. Cocoklah digunakan sebagai medali wisuda. Namun begitu, harga medali kuningan tetap saja lebih mahal dibandingkan dengan medali akrilik atau plastik.

Tidak hanya itu saja, medali kuningan juga tidak cocok untuk acara wisuda TK. Pasalnya, logam kuningan dirasa cukup berat, jika dikalungkan ke anak TK. Kebanyakan buat medali wisuda untuk TK terbuat dari plastik atau akrilik.