Perusahaan Perlu Tahu! 7 Tips Jitu untuk Menang Tender

Facebook
Twitter
LinkedIn
Menang Tender

Menang tender adalah salah satu goal suatu instansi. Selain mendapatkan income yang cukup besar, memenangkan tender juga akan meningkatkan reputasi perusahaan. Hal ini karena perusahaan akan mendapatkan penawaran terbaik atas produk atau layanan yang dibutuhkan penyelenggara tender. Tentunya, harga yang didapatkan dari menang tender proyek sangat kompetitif.

Dengan keuntungan tersebut, setiap perusahaan berusaha menyusun strategi memenangkan tender. Mereka berupaya mendapatkan cara memenangkan tender perusahaan. Lantas, bagaimana cara memenangkan tender?

Baca Juga: Inilah 3 Kelebihan dan Kekurangan Konsep Penjualan!

Cara Menang Tender dengan Jitu!

Memenangkan tender memang butuh strategi yang baik. Untuk itu, ikutilah tips menang tender yang kami bahas berikut!

Membuat perencanaan matang

Dasar untuk menang tender adalah membuat perencanaan yang matang. Anda bisa memulainya dengan melakukan identifikasi peluang tender. Kemudian, akan dapat melakukan peninjauan secara menyeluruh terkait keberhasilan yang mungkin bisa dicapai dalam tender tersebut. Bila perlu, cari tahu juga pesaing dalam tender tersebut.

Mempromosikan manfaat

Anda harus mempromosikan manfaat terkait produk atau layanan ditawarkan. Pastikan bahwa produk atau layanan tersebut adalah jawaban atas permasalahan atau kebutuhan dari pihak penyelenggara tender. Dengan begitu, penyelenggara tender akan lebih mudah menerima promosi Anda.

Memberikan kontribusi positif

Tidak sekadar bermanfaat bagi penyelenggara tender, alangkah baiknya juga jika Anda menjelaskan dampak bila memenangkan tender. Misalnya saja, jika perusahaan Anda memenangkan tender akan membuka peluang karier bagi masyarakat sekitar.

Membuktikan keunggulan

Untuk memenangkan tender, tentu Anda akan menunjukkan keunggulan produk atau jasa, bukan? Namun, sebaiknya keunggulan tersebut juga dibuktikan sehingga penyelenggara tender dapat menaruh keyakinan kepada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Menanggapi dengan sigap

Penyelenggara tender tentunya akan mengajukan beberapa pertanyaan. Terkadang, pertanyaan diajukan di luar jam operasional perusahaan. Meski demikian, perusahaan harus segera menanggapi pertanyaan tersebut dengan sigap untuk menunjukkan pelayanan prima.

Membentuk tim khusus

Agar semua terhandel dengan baik dan efektif, akan lebih baik jika perusahaan membentuk tim khusus. Tim tersebut akan bertugas membuat rancangan hingga berkomunikasi langsung dengan penyelenggara tender.

Mempertimbangkan harga

Tidak bisa dipungkiri harga juga menjadi pertimbangan dalam memilih pemenang tender. Oleh karena itu, pastikan harga yang Anda tawarkan kompetitif dan sesuai dengan kualitas produk atau layanan. Jangan sampai salah memberikan harga karena bisa jadi tidak dipilih atau malah merugi.

Sudah siapkan perusahaan Anda untuk memenangkan tender?