Mengapa Melakukan Branding? Ketahui Alasan Pentingnya Branding

Facebook
Twitter
LinkedIn
mengapa melakukan branding

Mengapa melakukan branding mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang kerap menghantui sebuah perusahaan. Branding adalah hal yang penting bagi suatu suatu perusahaan. Hal ini karena branding perusahaan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempromosikan atau membentuk citra diri perusahaan. Dengan kata lain, branding dapat membantu menaikkan pendapatan perusahaan.

Karena memberikan pengaruh besar, suatu perusahaan haruslah menyiapkan branding strategi yang matang. Hal ini akan berpengaruh terhadap kekuatan branding. Jika branding yang dibangun kuat, tentunya akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Untuk itulah, perusahaan harus memahami konsep branding terlebih dahulu. Konsep branding salah satunya berkaitan dengan unsur-unsur berikut.

  • Visi dan misi: Visi dan misi menjadi dasar dalam sebuah branding. Visi adalah tujuan yang ingin dicapai dari sebuah branding. Sementara itu, misi adalah cara untuk mencapai visi.
  • Merek: Merek menjadi hal penting dalam suatu branding. Hal ini karena merek adalah nama yang menjadi unsur utama dalam sebuah branding. 
  • Tagline: Tagline berkaitan dengan nama atau merek. Biasanya, tagline berupa kalimat singkat yang menarik dan mudah untuk diingat.
  • Logo: Logo menjadi wajah dari sebuah branding. Dalam membuat logo untuk brand perlu memperhatikan gaya font, warna, dan bentuk. Selain itu, sebuah logo pastinya memiliki makna simbolis dan filosofis.

BACA JUGA: PENINGKATAN CYBER PUBLIC RELATIONS BAGI PERUSAHAAN

Mengapa Melakukan Branding?

Meskipun branding adalah hal yang penting. Namun, pertanyaan mengapa melakukan branding masih sering mengganggu. Lantas kenapa branding itu penting bagi suatu perusahaan? Berikut ini adalah alasan pentingnya branding bagi suatu perusahaan.

Membedakan dengan pesaing

Dalam sebuah bisnis, tentu suatu perusahaan memiliki pesaing. Pesaing muncul karena produk atau layanan dari suatu perusahaan sama. Untuk itulah, mengapa melakukan branding memegang peranan penting. Branding dapat menjadi pembeda dari pesaing. Branding yang kuat akan menjadikan perusahaan lebih unggul daripada pesaingnya.

Mendukung kegiatan promosi

Jika menilik unsur branding, terlihat jelas bahwa branding dapat menjadi sarana untuk mendukung promosi. Hal ini karena dalam branding terdapat logo, merek, dan tagline. Ketiga unsur branding tersebut digunakan untuk menyukseskan promosi perusahaan.

Membangun citra perusahaan

Branding juga dapat menjadi sarana untuk membangun citra perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus membangun branding dengan baik. Dengan branding yang baik, citra positif pun akan terbentuk. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap kenaikan omzet perusahaan.

Mengendalikan pasar

Branding pun dapat menjadi alat untuk mengendalikan pasar. Hal ini akan terjadi ketika suatu brand sudah menguasai pasar. Dengan branding yang berhasil, masyarakat pun akan mudah mengingat nama brand. Bahkan, ketika berbicara tentang suatu produk, brand perusahaan menjadi yang teringat pertama kali.

Memengaruhi psikologi konsumen

Psikologi konsumen atas suatu produk bisa terpengaruhi dengan proses branding. Brand perusahaan yang kuat akan membuat konsumen lebih percaya. Tingkat kepercayaan konsumen yang baik dapat berimbas baik bagi perusahaan. Konsumen kemungkinan akan loyal dan tidak menutup kemungkinan konsumen akan mengajak orang terdekat untuk percaya juga dengan produk dari perusahaan tersebut

Dari pembahasan tersebut, kita telah mengetahui mengapa melakukan branding. Pada dasarnya, branding adalah bentuk pencitraan diri perusahaan untuk menunjukkan sisi positifnya kepada masyarakat luas. Dengan menunjukkan sisi positif tersebut, masyarakat luas akan terpengaruh secara psikologis untuk terus merujuk pada suatu produk. Artinya, branding dapat meningkatkan loyalitas dan menjaring konsumen baru sehingga pendapatan perusahaan akan meningkat. Dari situlah, terlihat betapa pentingnya mengapa melakukan branding bagi sebuah perusahaan.