Pahami 5 Program Marketing untuk Dukung Bisnis Anda!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pahami 5 Program Marketing untuk Dukung Bisnis Anda!

Program marketing menjadi upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis. Program marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk.Selain meningkatkan penjualan, program pemasaran juga menjadikan bisnis lebih terarah. Artinya, tujuan yang hendak dicapai lebih fokus.

Baca juga: 5 Manfaat Komunikasi Pemasaran Beserta Contohnya

Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Program marketing untuk menarik konsumen ada beragam. Berikut ini adalah contoh program marketing untuk meningkatkan penjualan.

1. Memahami kebutuhan konsumen

Konsumen adalah relasi terpenting bagi sebuah pebisnis. Karena itulah, kepuasan pelanggan adalah hal yang senantiasa diprioritaskan. Pelanggan akan merasa puas jika mendapatkan produk yang menjadi solusi atas masalah yang sedang mereka alami. Oleh sebab itu, penting bagi suatu perusahaan untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat melakukan riset terkait kebiasaan dan karakteristik pelanggan. Dari data yang diperoleh tersebut, produk dapat dibuat. Selain produk, pelayanan terhadap pelanggan pun harus diperhatikan.

2. Memilih lokasi yang strategis

Tempat bisnis, terutama untuk berjualan, yang sulit dijangkau tentu membuat perusahaan kekurangan konsumen. Maka dari itu, penting untuk mendirikan bisnis di lokasi yang strategis. Bila perlu lokasi bisnis berada di sekitar konsumen yang ditargetkan.

Di era sekarang, Anda bisa memanfaatkan penjualan secara online. Selain lebih praktis, jangkauan pasarnya pun lebih luas. Anda hanya perlu siap siaga serta bekerja sama dengan layanan jasa pengiriman sehingga lebih mudah.

3. Memanfaatkan digital marketing

Kemajuan teknologi membuat pemasaran produk lebih mudah dilakukan. Anda bisa mempromosikan produk melalui internet dengan memanfaatkan media website. Konten artikel dapat digunakan untuk mendukung pemasaran di website.

Media sosial juga bisa dimaksimalkan untuk membantu pemasaran produk. Konten yang digunakan untuk memasarkan produk pun bisa lebih beragam. Misalnya saja, infografis tentang produk atau video singkat yang berisi spesifikasi produk.

4. Melakukan promosi dengan gencar

Promosi produk memang harus dilakukan secara gencar. Artinya, promosi dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. Jika khawatir dengan biaya pemasaran, promosi dapat dilakukan secara organik. Artinya, jangan memilih paid promote dengan biaya yang membebani perusahaan. Misalnya, mengoptimasi artikel website atau membuat konten secara teratur untuk media sosial.

5. Memelihara hubungan dengan pelanggan

Terakhir, perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan program customer loyalty. Sebagai contoh, perusahaan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang sudah melakukan pembelian produk selama dua kali atau lebih. Selain itu, saling berbalas komentar di media sosial juga dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen.

Terapkan program pemasaran tersebut untuk menarik perhatian konsumen sehingga penjualan bisa meningkat.