Teknik Pembuatan Plakat Akrilik Berkualitas di Jogja

Facebook
Twitter
LinkedIn

Teknik Pembuatan Plakat Akrilik Berkualitas

Plakat akrilik pertamina eksklusif
Plakat akrilik pertamina

Seperti diketahui bersama, plakat akrilik adalah salah satu jenis plakat yang paling banyak digunakan. Selain dinilai simple, mempunyai banyak desain dan plakat dari bahan yang satu ini juga dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal.  Namun yang tidak banyak diketahui orang adalah produk yang satu ini ternyata tidak terlalu sulit membuatnya. Yang perlu Anda siapkan adalah bahan utamanya yaitu akrilik, dan siapkan alat potongnya. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini :

Desain plakat 

Hal pertama yang tentunya harus Anda perhatikan ketika akan membuat plakat akrilik adalah desain plakat. Anda dapat membuatnya sendiri, atau menggunakan desain contoh plakat yang sudah ada. Dalam mendesain plakat yang dimaksud, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Maksud dan tujuan, dibuatnya plakat tersebut. Misalnya saja Anda hendak memberikan plakat tersebut sebagai plakat wisuda akrilik, pada teman atau saudara yang baru lulus kuliah. Atau membuat plakat kenang-kenangan perusahan, dll.
  • Buat desain gambar dan tulisan yang sesuai dengan maksud dan tujuan dibuatnya plakat tersebut. Misalnya untuk plakat wisuda, maka Anda akan mencantumkan logo universitas, nama wisudawan/wati, ucapan selamat, dll.
  • Penambahan aksesoris, selain tulisan dan gambar, Anda juga dapat menambahkan aksesoris lainnya, seperti plakat akrilik LED (karena menggunakan LED di dalamnya), plakat akrilik jam, dan yang lainnya. Ini yang akan mempercantik penampilan plakat.
  • Membuat plakat akrilik unik, juga tidak masalah. Umumnya, plakat seperti ini, digunakan untuk acara atau kegiatan spesial, seperti acara ulang tahun, souvenir pernikahan dari teman atau yang lainnya, serta kegiatan spesial lainnya. Desainnya cenderung beragam, dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kreatifitas di pembuat, dan konsumen itu sendiri.

Tentukan ukuran plakat akrilik 

Untuk ukuran plakat yang biasanya digunakan cukup beragam. Umumnya, besar kecilnya ukuran selain dapat menentukan desain yang akan digunakan, juga menentukan harga plakat itu sendiri. Semakin besar ukuran plakat, biasanya harga yang ditawarkan juga sedikit lebih tinggi, demikian juga sebaliknya. Tidak hanya itu, penggunaan bahan lain, pada plakat yang akan dibuat, juga turut menentukan harga jual plakat itu sendiri.

Adapun rata-rata ukuran plakat yang digunakan antara lain 21 x 16 x 5 cm, ada juga 12 x 9,5 cm, dan yang lainnya. Anda dalam hal ini dapat menentukan sendiri, ukuran plakat yang dianggap sesuai kebutuhan. Demikian pula, ketika Anda hendak memesan plakat di penyedia jasa.

Memotong bahan akrilik 

Setelah mengetahui desain dan ukuran plakat. Berikutnya adalah teknik pemotongan. Saat ini teknik plakat, terutama dalam hal pemotongan ada 2 jenis, yaitu :

  • Teknik manual, seperti namanya manual, maka alat yang digunakan juga manual, yaitu cutter atau gergaji. Umumnya, teknik ini digunakan pada desain plakat akrilik yang sederhana, seperti teknik lurus, lengkung sederhana, dengan ukuran besar.
  • Teknik otomatis, seperti namanya, maka ada alat khusus yang digunakan, dalam hal ini mesin laser yang sudah terkoneksi jaringan komputer. Sehingga alat akan disetting sedemikian rupa, untuk menghasilkan desain plakat akrilik yang diinginkan. Proses seperti ini biasanya dilakukan, untuk memperoleh desain yang lebih baik, dengan lengkung dan desain yang cenderung sulit dilakukan oleh teknik manual.

Menulis dan menggambar di atas plakat akrilik 

Di tahap ini, juga terdapat 2 teknik yang umumnya digunakan, yaitu :

  • 2 dimensi, maksudnya hanya menampilkan gambar dan tulisan pada umumnya. Teknik yang digunakan biasanya menggunakan sablon dan juga printing biasa. Dengan teknik cetak, maka prosesnya cenderung lebih cepat dan simpel.
  • 3 dimensi, maksudnya gambar dan tulisan yang digunakan menggunakan mesin grafir. Dimana gambar dan tulisan yang akan disematkan menggunakan teknik grafir, dengan proses yang kurang lebih sama dengan teknik laser. Kelebihan dari teknik ini, juga ditambah dengan penggunaan warna yang tepat, akan membuat penampilan plakat akrilik tampak lebih berbeda.

Tahap finishing 

Ini adalah tahap akhir, dimana pada tahap tersebut, plakat akrilik yang sudah selesai dibuat, akan diperhalus menggunakan amplas, atau menggunakan alat lainnya. Hal ini dilakukan, agar plakat yang ada, jadi terlihat lebih indah dipandang. Tidak hanya itu, pemberian warna dan aksesoris lainnya juga akan dilakukan pada tahun ini.

Apabila Anda tidak ingin ribet, atau ingin memperoleh plakat akrilik ini secara cepat, ada baiknya jika Anda memesan plakat akrilik tersebut di penyedia jual plakat akrilik, baik secara online atau secara offline. Pastikan penyedia jasa tersebut terpercaya. Misalnya saja 1souvenir, penyedia jasa yang satu ini, memang menyediakan berbagai macam plakat dan trophy yang berkualitas. Walaupun lokasinya di Jogja, namun mampu melayani pemesanan dari seluruh Indonesia. Karena pihak penyedia jasa yang satu ini sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya, artina produk yang dikirim pasti tepat waktu. Adanya layanan garansi, produk yang rusak selama perjalanan, akan segera diganti.

Tunggu apalagi? Pesan Plakat Anda Sekarang Juga!!