5 Tahapan Perencanaan Pemasaran yang Harus Dilakukan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran penting diperhatikan oleh perusahaan saat hendak menawarkan produk atau layanan tertentu. Perencanaan pemasaran adalah ide awal yang berupa desain untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan perencanaan pemasaran adalah agar pemasaran yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Tahapan Perencanaan Pemasaran yang Harus Dilakukan

Proses perencanaan pemasaran dapat dimulai dengan membentuk tim khusus. Kemudian, tim khusus tersebut berembug untuk membahas berbagai hal terkait pemasaran. Adapun langkah-langkah atau tahapan yang harus dilewati adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Bisnis yang Sepatutnya Anda Pegang!

Menentukan target pasar

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah menentukan target pasar. Target pasar adalah masyarakat yang menjadi sasaran pendekatan bisnis supaya melakukan pembelian atas produk yang ditawarkan. Dengan adanya target pasar yang jelas, promosi atau pemasaran yang dilakukan pun akan lebih jelas.

Mencari tahu kebutuhan dan keinginan konsumen

Setelah menentukan target pasar, Anda perlu mencari tahu tentang target pasar, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat menghadirkan produk atau layanan yang sesuai. Alhasil, produk dan layanan tersebut akan laris-manis dibeli konsumen.

Melakukan analisis SWOT

SWOT merupakan kependekan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman). Dengan melakukan analisis ini, Anda akan mengetahui kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Di samping itu, Anda pun akan mendapati kemungkinan terkait peluang dan ancaman bagi perusahaan.

Menentukan tujuan pemasaran

Tujuan utama pemasaran memanglah mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat agar mereka tertarik membelinya. Namun, Anda juga harus memastikan juga bahwa pemasaran yang dilakukan apakah juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Kemudian, pemasaran dapat juga dilakukan untuk menjaga hubungan dengan customer.

Menyusun strategi pemasaran

Setelah empat hal tersebut dilalui, Anda hanya perlu menyusun strategi pemasaran. Ada baiknya strategi pemasaran disusun bersama dengan tim khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah strategi sudah dibuat, kemudian cobalah untuk melakukan trial. Jika dirasa berhasil, terapkan pada pemasaran di perusahaan Anda.

Strategi pemasaran yang diterapkan perlu juga untuk dievaluasi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan perbaikan.