5 Langkah Mujarab untuk Meningkatkan Repeat Order

Facebook
Twitter
LinkedIn
repeat order

Anda sudah tahu apa itu repeat order? Repeat order adalah konsumen yang melakukan transaksi pembelian produk secara berulang. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi suatu perusahaan karena selain mendapatkan pemasukan, perusahaan juga mendapatkan pelanggan setia. Di samping itu, adanya pembelian secara berulang juga menjadikan perusahaan menghemat biaya pemasaran serta membangun brand awareness.

Ada banyak faktor yang mendorong seseorang mau melakukan pembelian produk secara berulang. Misalnya saja, ia merasa produk  yang dibelinya unik dan berkualitas. Kemudian, ada juga yang memilih produk dengan harga yang lebih rendah daripada yang lain. Ada juga yang merasa puas dengan kualitas pelayanannya.

Baca Juga: Cara Promosi di Instagram, Media Sosial yang Populer

Cara Meningkatkan Repeat Order

Dengan begitu banyak manfaatnya, tentu perusahaan berupaya agar pelanggan mau melakukan repeat order. Anda juga ingin demikian? Silakan perhatikan cara agar customer repeat order berikut.

Memberikan pelayanan terbaik

Memberikan pelayanan yang baik memang terlihat mudah. Akan tetapi, pada kenyataannya hal ini tidak mudah dilakukan terlebih ketika dihadapkan dengan konsumen yang banyak menuntut. Pelayanan terbaik memang menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik bisnis dan menjadi hak bagi setiap konsumen. Jika konsumen merasa dilayani dengan baik, tentu mereka tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian secara berulang.

Melakukan perbaikan kualitas dan berinovasi

Selain memberikan pelayanan yang baik, Anda juga harus menjaga kualitas produk. Jika ada kekurangan, sudah seharusnya perbaikan dilakukan hal ini supaya pelanggan merasa puas. Di samping itu, Anda perlu juga melakukan inovasi, baik dari segi produk maupun pelayanan. Adanya inovasi akan membuat perusahaan Anda berbeda dengan kompetitor sehingga dapat terus bertahan di tengah persaingan yang sulit.

Memberikan voucher diskon

Konsumen mau membeli produk yang sama jika ia mendapatkan keuntungan. Untuk itulah, Anda bisa memberikan voucher diskon. Anda bisa memberikannya dengan syarat dan ketentuan. Misalnya saja, diskon bagi pelanggan yang telah melakukan dua kali pembelian atau diskon bagi pelanggan yang membeli produk hingga menyentuh harga tertentu. Anda bisa juga mensyaratkan hal lain, seperti mem-follow akun media sosial.

Membuat program promo atau poin

Program promo sangat cocok untuk menarik konsumen baru. Anda bisa memberi syarat jika ingin mendapatkan promo. Sementara itu, program poin bisa menjadi cara untuk mempertahankan loyalitasnya. Anda bisa menawarkan kartu keanggotaan dengan sistem poin. Setelah melakukan transaksi belanja dengan nominal tertentu, pelanggan berhak mendapatkan poin. Poin yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk berbelanja atau ditukar dengan hadiah tertentu.

Menyediakan berbagai media komunikasi

Jangan hanya membatasi komunikasi secara langsung. Pasalnya, sekarang banyak orang yang memilih hal-hal praktis. Masyarakat cenderung malas bertanya terkait produk secara langsung ke toko. Karena itulah, Anda bisa membangun customer service online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi chatting. Anda bisa juga memaksimalkan media sosial untuk berinteraksi aktif dengan konsumen sehingga terjalin hubungan yang lebih baik.

Lakukan setiap tips dengan maksimal agar pelanggan juga mau melakukan pembelian produk secara berulang.