Wajib untuk Anda Coba! Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Retensi Pelanggan

Sebagai seorang pebisnis, sudah tahukah Anda apa itu retensi pelanggan? Retensi pelanggan adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan konsumen sehingga tetap loyal dan tidak beralih kepada kompetitor. Retensi konsumen juga dapat menunjukkan produk dan kualitas layanan perusahaan memuaskan atau tidak.

Strategi retensi pelanggan menjadi bagian dari key performance indicator utama bagi suatu perusahaan. Pasalnya, perusahaan yang mampu mempertahankan pelanggan berarti mampu mempertahankan tingkat penjualan. Selain itu, mempertahankan pelanggan yang sudah ada cenderung tidak membutuhkan biaya yang lebih besar daripada mencari pelanggan baru.

Baca Juga: 7 Tips Marketing yang Siap Hantarkan Kesuksesan Bisnis Anda

Strategi Meningkatkan Retensi Pelanggan

Setiap bisnis memiliki cara berbeda untuk meningkatkan retensi pelanggan. Pasalnya, peningkatannya mempertimbangkan brand, jenis bisnis, dan audiens yang menjadi target. Namun, ada tips umum yang bisa diterapkan untuk meningkatkan retensi konsumen.

Menawarkan pelayanan yang bagus

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelayanan cepat tanggap. Hal ini bisa didukung dengan fitur live chat yang dipasang di website.

Menggunakan data yang telah dikumpulkan

Sebuah perusahaan biasanya memiliki data terkait pelanggannya, terutama tentang riwayat pembelian. Dengan data tersebut, perusahaan bisa lebih optimal dalam mempertahankan pelanggan. Misalnya, perusahaan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.

Memanfaatkan media sosial

Di era digital seperti sekarang, perusahaan dapat juga memanfaatkan beragam media sosial. Perusahaan bisa melibatkan konsumen yang mengikuti media sosial perusahaan dengan membalas komentar atau membagikan unggahan konsumen.

Mendorong loyalitas

Program loyalitas dapat dicanangkan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan dapat memberikan voucher diskon bagi pelanggan setia. Kemudian, perusahaan bisa juga mengadakan program membership bagi konsumen.

Menghimpun feedback customer

Umpan balik dari konsumen sangatlah penting bagi perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkannya dengan melakukan survei atau melihat tanggapan konsumen melalui media sosial. Umpan balik tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

Memberikan informasi terbaru kepada pelanggan

Pelanggan dapat juga dipertahankan dengan selalu memberikan informasi terbaru kepada pelanggan. Informasi tersebut dapat berupa produk yang baru dirilis. Selain itu, perusahaan dapat memberikan informasi jika ada promo atau diskon.

Silakan ikuti tips tersebut untuk mempertahankan pelanggan perusahaan Anda!