7 Strategi Pemasaran Produk Efektif untuk Kembangkan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
strategi pemasaran produk

Strategi pemasaran produk adalah cara yang dilakukan untuk menawarkan produk supaya diterima konsumen. Dengan kata lain, strategi ini juga menjadi upaya agar produk dikenal oleh masyarakat. Dengan begitu, penjualan produk perusahaan dapat meningkat.

Di samping itu, strategi marketing produk akan membantu perusahaan untuk mendapatkan target pasar yang lebih jelas dan fokus. Hal ini juga berdampak pada konten marketing yang lebih terarah. Koordinasi tim marketing pun lebih jelas.

Apa Saja Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Diterapkan?

Agar produk makin dikenal dan diminati oleh konsumen, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan?

Baca Juga: Pahami 5 Program Marketing untuk Dukung Bisnis Anda!

Mengidentifikasi target audiens

Target audiens yang disasar untuk pemasaran produk Anda haruslah jelas. Dengan begitu, konten pemasaran yang dibuat juga lebih terarah. Anda bisa melakukan identifikasi target audiens dengan mencari tahu informasi terkait identitas mereka. Bila perlu, Anda bisa membuat buyer persona yang berisi minat serta kebutuhan pelanggan.

Memahami keunggulan produk

Produk yang Anda tawarkan pasti memiliki keunggulan, bukan? Jadikan keunggulan tersebut sebagai poin positif saat memasarkannya. Keunggulan produk juga menjadi pembeda dari produk lain sehingga bisa bersaing dengan kompetitor. Anda bisa menggali lebih jauh untuk mendapatkan pembeda antara produk Anda dan produk lainnya.

Menentukan harga produk

Menentukan harga produk bukanlah perkara yang mudah. Konsumen pastinya ingin memiliki produk dengan harga jual murah, tetapi berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset harga produk dari kompetitor. Kemudian, Anda perlu juga mempertimbangkan biaya produksi sehingga meminimalkan kerugian atas penjualan produk.

Menyusun rencana pemasaran

Strategi pemasaran harus didahului dengan perencanaan yang matang. Adanya rencana pemasaran akan membuat Anda lebih terarah dan fokus dalam memasarkan produk. Di samping itu, Anda bisa meminimalkan risiko kesalahan. Oleh karena itu, rencana pemasaran bisa berisi peluang hingga risiko dalam pemasaran produk.

Memaksimalkan media sosial

Berkembang pesatnya teknologi membuat Anda harus bisa mengimbanginya. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang sedang digandrungi masyarakat untuk memasarkan produk. Pastikan terlebih dahulu Anda bisa memahami cara kerja media sosial tersebut sehingga konten pemasaran yang dibuat bisa tepat sasaran.

Mengadakan program menarik

Anda bisa mengadakan program menarik seperti giveaway. Jika sedang membangun brand melalui media sosial, Anda bisa memberikan syarat untuk menyukai unggahan konten dan mengikuti media sosial jika ingin ikut serta giveaway. Anda bisa juga membuat program free trial atau diskon untuk pembelian pertama.

Menjaga hubungan dengan pelanggan

Pelanggan adalah bagian penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan membalas pesan dengan sigap, menanggapi komentar konsumen di media sosial, hingga memberikan solusi jika pelanggan mengajukan keluhan.

Di era digital seperti sekarang, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran produk secara online dengan memanfaatkan website atau platform lainnya. Anda bisa melihat contoh strategi pemasaran produk dari brand yang sudah sukses sebagai referensi.