5 Strategi Penjualan Produk Efektif, Siap Menerapkannya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Strategi Penjualan Produk Efektif, Siap Menerapkannya?

Strategi penjualan adalah perencanaan yang disusun secara menyeluruh terkait penjualan produk. Karena itulah, strategi ini penting bagi keberlangsungan bisnis yang telah Anda bangun. Strategi ini tidak terbatas pada cara agar konsumen mau membeli produk yang Anda tawarkan. Akan tetapi, strategi ini juga berisi perencanaan agar terjadi pembelian ulang dari konsumen. Dengan begitu, strategi ini dapat mendukung hadirnya pelanggan loyal dan meningkatkan angka penjualan.

Manfaat lain dari strategi penjualan produk adalah menjadi pedoman dalam berbisnis. Maksudnya, apabila strategi yang pernah diterapkan tidak mendapatkan keberhasilan, perusahaan Anda bisa beralih ke strategi lainnya yang lebih menjanjikan. Di samping itu, strategi ini juga akan membuat koordinasi tim , terkhusus tim penjualan, menjadi lebih baik. Hal ini karena langkah demi langkah penjualan sudah ada gambaran besarnya.

Baca juga: Pentingnya Product Knowledge untuk Tingkatkan Penjualan

Rencana Strategi Penjualan untuk Bisnis

Di tengah gempuran teknologi, rasanya tidak ada salahnya untuk merancang juga strategi penjualan online. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, media sosial, hingga marketplace yang belakangan ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Meski demikian, ada baiknya Anda memahami strategi dasarnya terlebih dahulu sebagai berikut.

1. Mengenali target pasar dengan baik

Tahap awal yang mesti Anda lakukan dalam menyusun strategi ini adalah mengenali target pasar dengan baik. Anda bisa mengumpulkan informasi data diri dari konsumen secara mendetail. Misalnya saja, Anda mencari tahu informasi demografinya, seperti usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, hobi, hingga jenis kelamin. Dengan begitu, strategi yang disusun akan lebih sesuai.

2. Membuat perencanaan penjualan

Perencanaan penjualan tergantung pada kesadaran masyarakat terhadap brand produk Anda. Jika brand masih baru, Anda harus mulai mengenalkannya kepada masyarakat. Sementara itu, jika masyarakat sudah mengenal brand tersebut, Anda bisa mulai memikirkan cara agar produk dari brand tersebut dapat menarik minat masyarakat sehingga mereka mau membelinya.

3. Menerapkan teknik marketing 4P

Anda bisa merancang penjualan dengan memanfaatkan teknik marketing 4P, yaitu product, price, place, dan promotion. Artinya, Anda bisa memperhatikan kualitas produk. Di samping itu, harga produk haruslah sebanding dengan kualitasnya. Kemudian, pastikan bahwa tempat untuk menjual produk untuk diakses serta lakukanlah promosi yang tepat sasaran.

4. Melakukan promosi dengan gencar

Sudah disinggung pada poin sebelumnya bahwa promosi menjadi bagian penting dalam penjualan. Supaya masyarakat mengenali dengan baik produk yang Anda tawarkan dengan baik, Anda harus melakukan promosi dengan gencar. Buatlah berbagai konten promosi yang menarik. Anda bisa memaksimalkan media sosial dan berbagai platform digital lainnya.

5. Memberikan potongan harga

Jika perusahaan meluncurkan produk baru, tidak ada salahnya untuk mengadakan program diskon atau potongan harga. Program tersebut bisa Anda batasi dengan memberikan kepada sejumlah orang yang melakukan pembelian lebih cepat. Anda bisa juga memberikan syarat tertentu untuk mendapatkan potongan harga. Hal ini akan menarik perhatian masyarakat.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Sudah siap untuk menerapkan strategi penjualan?