Terapkan 5 Strategi Promosi Berikut untuk Gaet Konsumen

Facebook
Twitter
LinkedIn
Strategi Promosi

Meskipun penting, masih banyak yang belum memahami apa itu strategi promosi. Oleh karena itu, penting untuk membahas pengertian strategi promosi. Strategi promosi adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen.

Dilihat dari pengertiannya, tujuan strategi promosi adalah untuk menggaet konsumen. Makin banyak konsumen yang tertarik kemudian membeli produk, tentu target perusahaan akan tercapai. Hal ini akan berdampak baik pada pendapatan perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Tangani Komplain Pelanggan dengan Efektif

Strategi Promosi yang Bisa Datangkan Konsumen

Ada macam macam strategi promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Namun, tentu tidak semua harus dilakukan. Perusahaan harus memilih strategi yang dirasa cocok untuk mempromosikan produk. Cobalah temukan strategi yang sesuai dengan perusahaan Anda di bawah ini.

1. Melakukan direct marketing

Direct marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung. Artinya, pihak perusahaan mempromosikan produk langsung ke konsumen. Di era digital seperti sekarang, direct marketing dapat dilakukan melalui telepon atau email. Strategi jenis ini banyak dimanfaatkan perusahaan karena hemat biaya.

2. Memasang iklan promosi

Hingga saat ini iklan masih menjadi media promosi andalan. Pasalnya, dengan iklan, produk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Iklan tidak sekadar yang tayang di media elektronik. Kini ada juga iklan yang bisa diakses secara online. Oleh karena itu, iklan dari ke hari makin kreatif.

3. Membangun website

Membangun website termasuk salah satu jenis strategi promosi online. Website tersebut tidak sekadar untuk memberikan informasi produk kepada konsumen. Akan tetapi, website bisa dikembangkan juga sebagai toko online. Selain mengikuti perkembangan zaman, website yang menjadi toko juga akan memudahkan konsumen dalam membeli.

4. Manfaatkan media sosial

Media sosial belakangan ini menjadi alat komunikasi yang efektif. Di sisi lain, media sosial dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. Promosi dapat dilakukan dengan menyiapkan konten yang menarik. Konten dapat berupa foto produk, microblog, infografis, video singkat, atau yang lainnya.

5. Menghadirkan brand ambassador

Cara lain yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk adalah menghadirkan brand ambassador. Perusahaan bisa membangun brand ambassador atau memanfaatkan influencer ternama. Jika bekerja sama dengan influencer, tentu promosi akan lebih mudah dilakukan, tetapi membutuhkan biaya yang lebih besar.

Dengan memilih strategi pemasaran yang tepat, harapannya produk yang yang ditawarkan bisa dilirik oleh konsumen. Jadi, pertimbangkanlah dengan matang dalam memilih strategi untuk memasarkan produk perusahaan.