7 Upaya Menghilangkan Barang Dead Stock di Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Dead Stock 2

Seringkali sebuah perusahaan mengalami dead stock. Dead stock adalah persediaan barang di gudang yang terlalu lama disimpan sehingga kualitas menurun dan tidak laku dijual. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut barang yang demikian adalah stok mati. Perusahaan harus mengatasinya agar tidak menimbulkan kerugian.

Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Menentukan Target Pasar untuk Bisnis

Upaya Menghilangkan Barang Dead Stock

Barang dead stock dalam jumlah banyak memang dapat mendatangkan kerugian. Oleh karena itu, perusahaan harus segera menemukan cara mengatasi dead stock. Adapun upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Mengadakan Cuci Gudang

Istilah cuci gudang sudah familiar di telinga masyarakat. Suatu perusahaan yang melakukan ini bertujuan untuk mengantisipasi penumpukan barang di gudang. Biasanya, harga barang yang dijual saat cuci gudang memiliki harga miring sehingga lebih banyak peminatnya.

2. Menyelenggarakan Flash Sale

Flash sale merupakan strategi penjualan dengan memberikan diskon dalam waktu yang singkat. Strategi ini dapat diterapkan pada barang-barang stok yang menumpuk. Cara ini efektif dilakukan terlebih jika perusahaan melakukan penjualan secara online.

3. Menjual Barang dalam Paket Bundling

Strategi untuk mengatasi stok mati yang lainnya adalah melakukan penjualan dengan model paket bundling. Artinya, produk dijual dalam bentuk paketan. Produk bisa dijual dengan harga yang lebih murah daripada harga produk satuan.

4. Mengembalikan Barang ke Pemasok

Ada baiknya jika perusahaan membuat kesepakatan dengan pemasok ketika hendak memasok barang di gudang. Pastikan kesepakatan dibuat tanpa merugikan salah satu pihak. Perusahaan dapat membuat perjanjian pengembalian barang.

5. Menurunkan Harga Penjualan

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga penjualan yang lebih murah akan mendatangkan penjualan yang lebih tinggi. Hal ini tentu dapat mengurangi stok barang yang menumpuk di gudang. Namun, pastikan harga jual tidak kurang dari harga beli.

6. Menggunakan Strategi Pemasaran Baru

Penjualan produk terkadang tidak berhasil karena strategi pemasaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan penjualan berbasis offline dan online. Hal ini supaya stok mati dapat segera dihabiskan.

7. Mendonasikan Barang

Jika hendak mendapatkan keberkahan, Anda pun bisa mendonasikan barang yang ada di gudang. Namun, hal tersebut tergantung juga pada kebermanfaatan barang bagi masyarakat umum. Donasi barang juga dapat meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

Silakan pilih cara yang menurut perusahaan Anda paling sesuai untuk mengurangi atau menghilangkan stok mati.