5 Cara Meningkatkan Branding Perusahaan dengan Efektif

branding perusahaan

Branding perusahaan adalah hal penting yang harus dilakukan. Definisi branding adalah proses pemaknaan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan produk atau jasa, supaya tersimpan dalam benak pelanggan. Dengan kata lain, branding menjadi strategi perusahaan untuk mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat sehingga produk atau jasa tersebut menjadi pilihan utama. Dalam membangun branding, terdapat elemen-elemen yang harus … Read more

Value Branding Perusahaan: Kenali Upaya untuk Meningkatkannya

Value Branding

Value branding adalah nilai yang menunjukkan jumlah konsumen yang rela membayar produk dari suatu perusahaan. Dengan kata lain, brand value juga berkaitan dengan seberapa sering konsumen memilih produk dari sebuah perusahaan. Meski demikian, tidak ada aturan baku untuk menentukan seberapa besar brand value perusahaan. Cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengukurnya adalah dengan melakukan survei … Read more

Mengapa Melakukan Branding? Ketahui Alasan Pentingnya Branding

mengapa melakukan branding

Mengapa melakukan branding mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang kerap menghantui sebuah perusahaan. Branding adalah hal yang penting bagi suatu suatu perusahaan. Hal ini karena branding perusahaan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempromosikan atau membentuk citra diri perusahaan. Dengan kata lain, branding dapat membantu menaikkan pendapatan perusahaan. Karena memberikan pengaruh besar, suatu perusahaan haruslah … Read more

Manajemen Krisis Perusahaan: Kenali Tahapan-tahapannya

Manajemen Krisis Perusahaan

Secara umum, manajemen krisis perusahaan adalah bentuk strategi dari suatu perusahaan untuk menghadapi setiap masalah yang muncul. Sementara itu, manajemen krisis menurut para ahli memiliki pengertian berbeda-beda. Misalnya saja, menurut Yosal Iriantara dalam bukunya yang berjudul Manajemen Strategis Public Relations, manajemen krisis adalah bentuk respons terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan. Yosal Iriantara menambahkan … Read more

Peningkatan Cyber Public Relations bagi Perusahaan

peningkatan cyber public relations

Di tengah kemajuan teknologi, public relations pun turut memanfaatkannya. Terlebih lagi, saat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, public relations benar-benar bergantung pada kemajuan teknologi. Oleh karena itu, perlu peningkatan cyber public relations. Lantas apa yang dimaksud dengan cyber public relations? Cyber public relations adalah membangun komunikasi yang baik dengan publik dengan memanfaatkan teknologi digital. Cyber … Read more

Strategi Pengelolaan Barang Perusahaan yang Efektif

Pengelolaan Barang Perusahaan

Pengelolaan barang perusahaan menjadi salah satu aktivitas yang tidak terhindarkan. Hal ini karena sebuah perusahaan pastinya memiliki barang, baik barang inventaris maupun persediaan atau stok. Semua jenis barang tersebut, terutama barang persediaan, harus ada pengelolaannya supaya lebih jelas dan perusahaan memiliki arsip data. Dalam aktivitas pengelolaan barang perusahaan, terutama yang berbentuk stok atau persediaan, perusahaan … Read more

Jenis Laporan Persediaan Barang yang Harus Diketahui

jenis laporan persediaan

Sebuah lembaga atau perusahaan haruslah memiliki laporan persediaan atau stok barang. Untuk membuatnya, sebuah lembaga atau perusahaan tentunya harus mengetahui jenis laporan persediaan. Dengan mengenali setiap jenis laporan persediaan, perusahaan akan lebih mudah dalam menggunakannya. Isi dari laporan persediaan bergantung dengan jenisnya. Salah satunya adalah laporan stok barang keluar masuk. Laporan tersebut berisi data-data barang … Read more

Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Peran Public Relations

Meningkatkan Citra Perusahaan

Meningkatkan citra perusahaan adalah hal krusial bagi suatu perusahaan. Pasalnya, citra perusahaan adalah jati diri yang membedakannya dengan perusahaan lain. Untuk itulah, suatu perusahaan haruslah membangun citra yang positif. Dalam membangun citra positif, public relations bisa terlibat. Public relations berperan penting untuk menciptakan komunikasi positif antara perusahaan dan masyarakat. Oleh karena itu, public relations harus … Read more

6 Penyebab Kehabisan Stok Barang di Perusahaan

kehabisan stok barang

Kehabisan stok barang tentunya menjadi permasalahan serius bagi suatu perusahaan. Untuk itulah, perlu adanya stock control. Pengertian stock control adalah bentuk upaya untuk mengendalikan stok atau persediaan barang. Dalam stock control terdapat sistem stok barang yang dapat mengatur persediaan barang di perusahaan.  Sebuah perusahaan memerlukan sistem stok barang untuk mengatur persediaan barang. Selain itu, sistem … Read more

Apa Itu Konsolidasi Pengadaan Barang dan Jasa?

Konsolidasi Pengadaan Barang

Konsolidasi pengadaan barang dan jasa adalah bentuk strategi dalam pengadaan barang dan jasa dengan menggabungkan beberapa paket pengadaan yang sejenis. Konsolidasi tersebut dapat mengoptimalkan aspek-aspek yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa. Hal ini tentu akan memudahkan untuk meraih value for money. Selain itu, kinerja pengadaan juga akan lebih meningkat. Banyak perusahaan dan lembaga pemerintah memilih melakukan … Read more

9 Peran Humas dalam Perusahaan yang Wajib Anda Ketahui

peran humas dalam perusahaan

Peran humas dalam perusahaan sangatlah krusial. Humas berperan dalam menangani masalah-masalah krisis perusahaan. Peran humas dalam menangani krisis perusahaan adalah menjalin komunikasi dengan publik ketika perusahaan sedang mengalami krisis. Selain itu, humas atau public relations menyiapkan materi untuk menjawab kegelisahan yang muncul dari masyarakat yang menyebabkan krisis. Humas tidak sekadar berperan untuk menangani krisis yang … Read more

Kiat Menangani Keluhan Pelanggan untuk Membangun Kepercayaan

Kiat Menangani Keluhan Pelanggan

Kiat menangani keluhan pelanggan dibutuhkan oleh perusahaan agar bisa memberikan pelayanan yang. Keluhan pelanggan adalah bentuk kepedulian pelanggan terhadap kemajuan perusahaan. Hal ini karena perusahaan dapat melakukan perbaikan dengan berkaca pada kasus keluhan dari pelanggan. Dalam menangani kasus komplain pelanggan, perusahaan harus memperhatikan Standard Operating Procedure atau SOP. SOP penanganan keluhan pelanggan antara satu perusahaan … Read more