Penyebab Perbedaan Realisasi Dan Anggaran Dalam Pengadaan Barang

Perbedaan Realisasi dan Anggaran

Perbedaan realisasi dan anggaran dalam pengadaan barang sering kali terjadi. Adanya perbedaan tersebut menunjukkan bahwa perencanaan pengadaan barang masih memiliki celah dan titik lemah. Oleh karena itu, setiap instansi yang akan mengadakan barang sudah sepantasnya membuat perencanaan yang matang dan mendetail. Pembuatan rencana anggaran belanja barang umumnya berdasarkan HPS (Harga Perkiraan Sendiri). Namun, HPS tersebut … Read more

Penyebab Miskomunikasi dengan Vendor saat Pengadaan Barang dan Jasa

Penyebab Miskomunikasi dengan vendor

Penyebab miskomunikasi dengan vendor adalah hal penting yang harus segera tertangani saat proses pengadaan barang dan jasa. Miskomunikasi memanglah sering terjadi dalam sebuah hubungan kerja sama. Miskomunikasi adalah bentuk salah penanggapan atau salah penerimaan dalam suatu komunikasi. Permasalahan miskomunikasi tidak hanya terjadi antara perusahaan dan vendor. Miskomunikasi dapat terjadi dalam tim sebuah perusahaan. Kasus miskomunikasi … Read more

Kenali Dampak Perubahan Material pada Proses Pengadaan

Dampak Perubahan Material

Dampak perubahan material dalam pengadaan barang tentunya sangat signifikan. Namun, hal tersebut memang tidak dapat terhindarkan. Oleh karena itu, setiap instansi harus mengantisipasinya agar tidak menimbulkan masalah yang berkelanjutan. Agar lebih jelas, mari perhatikan dampak perubahan material pada pengadaan barang berikut. Memicu pergeseran anggaran Sebelum melakukan pengadaan barang, suatu instansi tentunya telah membuat anggaran belanja. … Read more

Kenali Hambatan dalam E-procurement agar Pengadaan Lancar

hambatan dalam e-procurement

Hambatan dalam e-procurement sering muncul sehingga mengganggu proses purchasing. Eprocurement adalah proses pengadaan barang yang berbasiskan transaksi elektronik. Pada umumnya, e-procurement memanfaatkan sistem website sehingga berbasis online. Pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik memiliki nilai lebih daripada yang offline. E-procurement dinilai mampu menghemat biaya dan waktu. Selain itu, risiko terjadinya kecurangan selama proses pengadaan dapat … Read more

Pertimbangan dalam Membuat Proposal Acara Perusahaan

Membuat Proposal Acara

Sebelum melaksanakan acara, biasanya panitia penyelenggara membuat proposal acara. Proposal acara pada umumnya menjadi dasar untuk mengajukan persetujuan. Dalam menyelenggarakan acara perusahaan, hal tersebut juga berlaku. Penyelenggara membuat proposal acara untuk diajukan kepada atasan. Hal tersebut nantinya berkaitan dengan persetujuan penggunaan tempat dan pencarian dana. Dari penjelasan sebelumnya dapat kita simpulkan bahwa proposal acara menjadi … Read more

Tahapan dalam Membuat Perencanaan Pengadaan Barang Jasa

perencanaan pengadaan barang jasa

Perencanaan pengadaan barang jasa adalah salah satu tahapan penting dalam procurement. Oleh karena itu, perusahaan atau lembaga perlu menyiapkannya dengan baik. Perencanaan tersebut dapat menjadi kunci kesuksesan proses pengadaan barang dan jasa. Baca Juga: Hindari Kesalahan Branding Perusahaan Yang Membuat Gagal Pengadaan barang dan jasa adalah suatu kegiatan yang rutin bagi suatu perusahaan atau lembaga. … Read more

Pentingnya Perencanaan Acara! Faktor Penentu Keberhasilan Acara

Perencanaan Acara 3

Sebelum mengadakan sebuah acara, ada baiknya membuat perencanaan acara atau event. Dengan adanya perencanaan event, event kemungkinan besar akan berjalan dengan baik. Perencanaan event adalah bentuk upaya pemikiran dan perancangan atas sebuah event agar mencapai hasil yang efisien. Dengan kata lain, perencanaan event yang baik memicu keberhasilan event. Dalam membuat perencanaan acara tentunya memerlukan pengelolaan … Read more

Harus Tahu! Inilah Pentingnya Branding dalam Bisnis

pentingnya brandng dalam bisnis

Jika Anda seorang pengusaha, Anda perlu mengetahui pentingnya branding dalam bisnis. Anda yang telah mengetahui tentu akan melakukan branding untuk bisnis Anda. Namun, sebelum mengetahui pentingnya branding, Anda harus mengenali seluk-beluknya. Anda bisa memulai dengan mengetahui pengertiannya hingga hubungan branding dengan marketing. Branding dapat membantu kinerja marketing. Lantas apa itu branding dan marketing? Branding adalah … Read more

Template Rundown Acara: Panduan Menyusun Acara dengan Sistematis dan Efektif

Template Rundown Acara (2)

Template rundown acara menjadi elemen krusial dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, terutama yang bersifat formal. Dengan adanya rundown acara, pelaksanaan acara akan berjalan sesuai rencana dan lebih teratur. Pada artikel ini, kami akan membahas contoh rundown acara serta langkah-langkah menyusun rundown acara dengan tepat. Apa Itu Rundown Acara? Rundown acara adalah rangkaian kegiatan yang disusun secara … Read more

Hindari Kesalahan Branding Perusahaan yang Membuat Gagal

kesalahan branding perusahaan

Suatu perusahaan perlu melakukan branding demi mendukung kelangsungan produksi. Sayangnya, banyak yang melakukan kesalahan branding perusahaan. Untuk itu, ada baiknya perusahaan mengenai seluk-beluk branding. Lantas apa itu branding? Bagaimana cara membuat brand sendiri? Branding adalah upaya untuk mengenalkan produk atau jasa melalui pengenalan citra yang baik. Sebuah perusahaan dapat membuat brand dengan cara membuat logo. … Read more

Cari Tahu Bentuk Sosialisasi Acara yang Paling Efektif

Bentuk Sosialisasi Acara 2

Bentuk sosialisasi acara sangatlah beragam, termasuk untuk acara perusahaan. Sosialisasi acara tersebut harus dikemas dengan cara menarik. Tujuannya adalah agar banyak orang yang terkesan sehingga bisa turut memeriahkan acara. Hal tersebut tentu akan berdampak baik bagi berlangsungnya sebuah acara. Sebelum membahas lebih lanjut terkait bentuk sosialisasi acara, ada baiknya Anda mengetahui apa itu sosialisasi acara. … Read more

Ketahui Manfaat Branding dengan Media Sosial

branding dengan media sosial

Branding dengan media sosial adalah cara efektif membangun citra, baik personal maupun perusahaan, pada masa sekarang. Hal ini tidak terlepas dari maraknya pengguna media sosial di tengah gempuran kemajuan teknologi. Branding dengan media sosial dapat melalui berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok. Social media branding adalah istilah lain untuk menyebut upaya membangun citra … Read more