Wirausaha dan Wiraswasta: Tahukah Anda 5 Perbedaannya?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Wirausaha dan Wiraswasta

Banyak yang menyangka bahwa wirausaha dan wiraswasta merupakan profesi yang yang sama. Keduanya memang mirip, tetapi juga memiliki perbedaan. Sebelum membahas apa perbedaan wirausaha dan wiraswasta, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu wirausaha dan wiraswasta.

Wirausaha adalah kemampuan seseorang dalam mengelola kreativitas menjadi inovasi sebagai peluang bisnis. Sementara itu, wiraswasta adalah kemampuan seseorang dalam menjalankan usaha secara mandiri tanpa ditentukan atasan. Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa persamaan wirausaha dan wiraswasta adalah sama-sama berupa kemampuan individu.

5 Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Setelah mengetahui perbedaannya, mungkin belum begitu terlihat jelas perbedaannya. Untuk itu, kami akan membahas perbedaan wirausaha dan wiraswasta. Perhatikanlah dengan saksama.

Fokus usaha

Pembahasan fokus usaha di sini berkaitan dengan banyaknya waktu yang diluangkan atas usaha yang didirikan. Seorang wiraswasta pada umumnya hanya meluangkan separuh waktunya. Sementara itu, seorang wirausaha benar-benar berfokus pada usahanya tanpa bekerja di tempat lain.

Kepemilikan aset

Kepemilikan modal dana dan peran yang dimiliki dalam pengambilan keputusan operasional usaha dapat membedakan keduanya. Seorang wirausaha turut terlibat secara relatif pada kegiatan operasional usaha saja. Sementara itu, seorang wiraswasta memiliki aset sendiri.

Lingkup bisnis

Lingkup usaha seorang wirausaha jauh lebih luas daripada wiraswasta. Misalnya saja, seorang wirausaha yang menawarkan jasa travel akan diiringi juga dengan jasa fotografi. Sementara itu, seorang wiraswasta hanya akan berfokus pada satu lingkup usaha.

Perencanaan ke depan

Perencanaan dari seorang wirausaha biasanya juga berbeda dengan wiraswasta. Seorang wirausaha kebanyakan melakukan pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan zaman agar tidak tertinggal. Sementara itu, wiraswasta hanya berpikir pada target jangka pendek.

Pola pikir

Seorang wirausaha memiliki pola pikir untuk melihat beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan profit. Sementara itu, seorang wiraswasta sekadar menjalankan sesuatu yang sudah ada, kemudian mengambil profit dari usaha tersebut.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda tentu bisa menentukan hendak menjadi apa. Apakah Anda hendak menjadi wiraswasta yang sekadar bekerja untuk mendapatkan keuntungan? Ataukah Anda ingin menjadi wirausaha yang mampu membaca peluang sehingga keuntungan bisa didapatkan hingga jangka panjang?

BACA JUGA: 7 PROMOSI BISNIS YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ZAMAN