Kenali 5 Jenis Metode Efektif untuk Analisis Peluang Pasar

Facebook
Twitter
LinkedIn
Kenali 5 Jenis Metode Efektif untuk Analisis Peluang Pasar

Peluang pasar adalah kondisi yang menghadirkan kesempatan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan terkait pemasaran produk atau layanan. Sementara itu, analisis peluang pasar adalah riset yang dilakukan untuk mengumpulkan data dari target pasar demi mencapai kemajuan bisnis. Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena akan membantu menilai apakah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan sudah tepat atau belum.

Baca juga: 5 Penyebab Hubungan Mitra Bisnis Mengalami Kegagalan

5 Metode Efektif untuk Melakukan Analisis Peluang Pasar

Dalam melakukan analisis peluang pasar, tentu dibutuhkan metode tertentu. Agar bisa melakukan dengan tepat, pilihlah metode yang tepat pula. Berikut ini adalah pilihan metode yang dapat diterapkan oleh perusahaan Anda.

1. Metode Analisis SWOT

Analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, dan threat) menjadi metode yang paling sering digunakan untuk melihat peluang usaha. Pemanfaatan metode ini akan menjadikan perusahaan mengetahui terkait kelemahan sekaligus kelebihan usaha. Di samping itu, perusahaan akan mengetahui peluang dan ancaman sehingga bisa memahami posisi bisnis dengan lebih baik.

2. Metode Penentuan Target Pasar

Peluang sebuah bisnis tercipta karena adanya konsumen. Oleh karena itu, penting untuk menentukan target pasar. Langkah yang bisa dilakukan adalah memilih segmentasi pasar yang tepat dan mudah dijangkau. Pertimbangkan juga jenis serta harga produk dalam menentukan target pasar agar lebih tepat sasaran.

3. Metode Identifikasi Kompetitor

Metode identifikasi kompetitor dikenal juga dengan 5 porter’s 5 forces. Jenis metode ini dimanfaatkan untuk melihat tingkat persaingan bisnis. Adapun dalam metode ini yang perlu diperhatikan adalah adanya pendatang baru dengan bidang bisnis sama. Kemudian, ancaman produk pengganti hingga tawaran-menawar dari pembeli dan pemasok.

4. Metode Analisis Strategi Pemasaran

Perusahaan dapat juga memanfaatkan analisis strategi pemasaran yang terdiri dari elemen 4P. Elemen pertama adalah produk yang dipasarkan (product). Kemudian, yang kedua adalah harga produk (price). Selanjutnya adalah cara mempromosikan produk (promotion) dan tempat serta cara distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen (place).

5. Metode Analisis PESTLE

PESTLE merupakan kependekan dari political, economic, social, technological, legal, environmental. Metode ini dimanfaatkan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang memengaruhi peluang usaha berjalan dengan baik sehingga bisa meraih kesuksesan bisnis.

Mulailah memahami metode yang hendak diterapkan di perusahaan Anda supaya bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.