7 Komponen Penting dalam Bauran Pemasaran! Sudah Tahu?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Bauran Pemasaran

Sudahkah Anda mengenal apa itu bauran pemasaran? Bauran pemasaran adalah strategi marketing yang menggabungkan beberapa unsur untuk mencapai suatu target. Strategi yang disebut juga marketing mix ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden pada tahun 1948.

Strategi bauran pemasaran banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan karena dianggap efektif. Selain itu, strategi ini dapat digunakan oleh bisnis yang baru dimulai hingga yang sudah lama berjalan.

Baca Juga: Seluk Beluk Niche Market: Manfaat hingga Cara Menentukannya

Komponen Penting dalam Bauran Pemasaran

Dalam menerapkannya, Anda perlu memperhatikan 7P bauran pemasaran. 7P adalah komponen dalam marketing mix. Sebenarnya, komponen dasarnya adalah 4P, tetapi agar lebih lengkap jadilah 7P. Adapun komponen yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Product

Produk dapat berupa barang, jasa, bahkan produk digital. Anda harus menyiapkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Anda dapat melakukan riset terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga lebih akurat.

  • Price

Pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan tidak terlalu mahal karena konsumen mungkin tidak akan membelinya. Namun, Anda harus juga memperhitungkan dengan baik supaya perusahaan tidak mengalami kerugian besar.

  • Place

Anda harus mempertimbangkan lokasi yang ideal bagi tempat usaha. Bila memungkinkan tempatkanlah toko Anda di dekat target pasar. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah dalam mendapatkan produk.

  • Promotion

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam strategi dan media. Di era digital seperti sekarang, rasanya promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah. Misalnya, dengan membuat konten di media sosial.

  • Physical Evidence

Fisik yang dimaksud tidak sekadar terkait dengan produk. Perusahaan harus memperhatikan logo juga. Di samping itu, jika promosi memanfaatkan media cetak desain dan kualitasnya juga harus dipertimbangkan dengan baik.

  • People

Orang atau sumber daya manusia yang terlihat dalam proses produksi juga menjadi hal penting. Karena itulah, perusahaan perlu memperhatikan dengan serius terkait perekrutan tenaga kerja atau sumber daya manusia.

  • Process

Hal lain yang patut untuk diperhatikan adalah proses yang dilalui oleh konsumen hingga akhirnya memilih untuk menggunakan atau membeli produk atau layanan dari perusahaan. Anda bisa memulainya dengan mengenalkan produk.

Anda perlu memahami ketujuh komponen marketing mix tersebut untuk mendapatkan hasil optimal dari strategi yang diterapkan.