Brand Loyalty Pahami Indikatornya untuk Rasakan Manfaatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Brand Loyalty Pahami Indikatornya untuk Rasakan Manfaatnya

Apa itu brand loyalty? Bagi seorang pebisnis mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Namun, ternyata tidak sedikit pula yang belum memahami maknanya. Brand loyalty adalah komitmen atau kesetiaan yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu merek. Artinya, konsumen akan terus berlangganan untuk membeli produk dari satu brand.

Contoh brand loyalty tergambar pada merek Indomie. Beberapa masyarakat Indonesia, ketika ingin makan mi instan memilih merek Indomie. Banyak alasan yang membuat masyarakat memilih produk dari brand tersebut, seperti tingkat kekenyalan mi dan rasa yang variatif. Untuk mendapatkan kesetiaan dari pelanggan, Anda perlu memahami indikator brand loyalty.

  • Kepuasan konsumen – Kepuasan pelanggan menjadi indikator akan kesetiaan terhadap merek. Jika konsumen merasa puas, dapat dipastikan bahwa pelanggan memiliki pandangan yang positif terhadap merek tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa produk dari merek tersebut memenuhi kualitas yang diharapkan konsumen.
  • Kepercayaan konsumen – Kepercayaan konsumen berkaitan dengan kepuasan konsumen. Jika seorang konsumen merasa puas terhadap suatu produk dari brand tertentu, konsumen tersebut tentunya akan menaruh rasa percaya. Dengan begitu, konsumen tidak akan berpindah ke produk dari merek lain.
  • Pembelian ulang – Jika sudah merasa puas dan memiliki rasa percaya terhadap suatu brand, tentu mereka tidak akan ragu untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk dari merek tersebut, Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain.

Baca juga: Memahami Pentingnya Media Buying bagi Pemasaran Produk

Manfaat Brand Loyalty

Loyalitas pelanggan terhadap suatu merek akan menjadikan merek tersebut terus bertahan di pasar industri. Dengan kata lain, loyalitas pelanggan menjadi faktor penting yang menentukan eksistensi suatu perusahaan. Di samping itu, ada beberapa manfaat lain dari kesetiaan merek. Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.

1. Meningkatkan Penjualan produk

Apabila telah tercipta kesetiaan brand, penjualan produk dari sebuah perusahaan tentu akan meningkat. Pasalnya, produk akan dibeli secara terus-menerus oleh pelanggan setia. Belum lagi, jika pelanggan setia tersebut mengajak orang lain untuk membeli produk yang sama. Hal ini tentu menguntungkan bagi perusahaan karena pendapatan akan meningkat.

2. Mendatangkan Pelanggan Baru

Seperti penjelasan sebelumnya, pelanggan yang setia terkadang merekomendasikan produk dari suatu brand kepada orang terdekat. Hal ini berarti pelanggan setia telah melakukan promosi tanpa diminta oleh perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan akan kedatangan pelanggan baru karena adanya kesetiaan terhadap merek oleh pelanggan yang loyal.

3. Meminimalkan Biaya Pemasaran

Penjelasan poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Biaya pemasaran produk tentu berkurang karena perusahaan sudah mendapatkan pelanggan setia yang akan terus membeli produk perusahaan. Di samping itu, karena merasa puas, pelanggan setia tersebut akan dengan suka rela mempromosikan produk kepada orang lain.

Setelah mengetahui manfaatnya, tentu Anda ingin meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand Anda, bukan? Anda bisa meningkatkannya dengan menjaga hingga meningkatkan kualitas produk. Di samping itu, Anda perlu menjaga konsistensi serta menyesuaikan standar dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.