Memahami Pentingnya Media Buying bagi Pemasaran Produk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Memahami Pentingnya Media Buying bagi Pemasaran Produk

Media buying menjadi strategi pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk lewat media sosial. Perusahaan dapat melakukannya dengan membeli iklan yang ditayangkan di media cetak, media elektronik, atau media online. Jika hendak melakukannya, tentu perusahaan perlu mempertimbangkan audiens, lokasi, dan tentunya budget.

Agar lebih paham, Anda bisa melihat contoh media buying. Misalnya saja, ada direct buying yang berupa iklan TV. Perusahaan bisa menempatkan iklan di media elektronik. Meski memakan biaya yang mahal, perusahaan bisa melakukan kontrol dengan lebih baik. Kemudian, ada juga digital media buying yang dapat berupa private marketplace yang biasanya melibatkan iklan eksklusif untuk pasar yang terbatas. Dengan begitu, target audiens akan lebih spesifik.

Baca juga: Buatlah Blog Bisnis, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Perusahaan!

Mengenal Apa Itu Media Buying dan Urgensinya

Pada intinya, media buying adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan membeli iklan yang ditempatkan di media massa. Tidak sekadar membeli, strategi ini juga meliputi perencanaan hingga pengelolaan. Karena itulah, dalam menerapkan strategi ini, perusahaan perlu melakukan riset terlebih dahulu, terkait target audiens hingga jenis media. Dari situlah, perusahaan akan mendapati budget yang dibutuhkan.
Lantas, mengapa harus menerapkan strategi pemasaran yang satu ini?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek atau brand awareness dapat ditingkatkan dengan pembelian iklan. Pasalnya, merek akan dipromosikan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, masyarakat pun akan lebih mengenali merek dari produk perusahaan Anda.

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Iklan yang dibeli dan dipasang di media massa tidak sekadar memberikan informasi kepada publik. Akan tetapi, iklan tersebut akan memberikan sugesti kepada masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk. Hal ini tentu berpengaruh pada penjualan.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Setiap iklan yang dipasang di media massa tentu berpotensi untuk dilihat oleh banyak masyarakat. Karena itulah, pembelian iklan akan membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar. Hal ini akan menambah konsumen bagi perusahaan.

4. Memaksimalkan Pemanfaatan Iklan

Terkadang iklan yang dilakukan secara mandiri kurang mendapat hasil yang maksimal. Hal ini berbeda ketika perusahaan memasang iklan di media massa. Makin banyak orang yang melihat iklan yang dipasang akan meningkatkan peluang penjualan.

5. Menginformasikan Perilaku Konsumen

Sebelum memasang iklan, tentu perusahaan akan melakukan riset terhadap pelanggan. Karena itulah, memasang iklan di media massa, perusahaan mendapatkan informasi tentang perilaku dan kebutuhan pelanggan sehingga bisa menghadirkan produk yang tepat.

Tunggu apalagi segera saja terapkan strategi pemasaran ini untuk mendukung pemasaran produk Anda.