4 Alasan Pentingnya Membangun Brand Personality Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
brand personality

Brand personality adalah karakteristik yang melekat pada sebuah brand. Adanya kepribadian brand ini akan membuat konsumen lebih dekat karena memang sesuai dengan segmen yang ditargetkan. Contoh brand personality terlihat dari brand Dove yang menunjukkan ketulusan sebagai kepribadian brand.

Kepribadian brand dapat ditunjukkan secara visual. Di samping itu, kepribadian brand dapat juga ditunjukkan dengan tone of voice atau kebijakan layanan bisnis. Di samping cara menunjukkannya, ada lima indikator brand personality yang perlu diketahui sebagai berikut.

  • Excitement: Unsur ini menunjukkan karakter dinamis dan penuh semangat dalam berinovasi.
  • Sincerity: Komponen ini berupa kejujuran yang berarti produk memiliki kualitas baik yang asli.
  • Ruggedness: Hal ini menunjukkan bahwa merek dapat memberikan manfaat kepada pelanggan.
  • Competence: Artinya, perusahaan berkemampuan untuk diandalkan dan dipercaya konsumen.
  • Sophistication: Dimensi ini menunjukkan keunggulan dari brand yang dimiliki perusahaan.

Alasan Penting Membangun Brand Personality Perusahaan

Mungkin belum banyak perusahaan yang membangun kepribadian brand karena belum menyadari manfaatnya. Berikut ini adalah alasan penting adanya kepribadian brand bagi sebuah perusahaan.

Baca Juga: Sistem ERP: Kenali Cara Kerja dan Keunggulannya bagi Bisnis

Membedakan dengan kompetitor bisnis

Jika ingin sukses dalam berbisnis, Anda tentunya harus mampu bersaing dengan kompetitor. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan tampil berbeda daripada kompetitor bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu membangun kepribadian brand. Perusahaan dengan kepribadian brand akan tampak lebih unggul daripada pesaingnya.

Memperkuat brand story

Ketertarikan konsumen terhadap suatu produk bisa jadi karena perusahaan menunjukkan brand story yang sesuai dengan konsumen. Untuk memperkuat brand story produk, perusahaan dapat turut membangun kepribadian brand secara bersamaan. Hal ini tentu akan berdampak pada penilaian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Membangun relasi bisnis

Kepribadian brand yang kuat juga dapat menjadi daya tarik bagi relasi bisnis. Hal ini akan memunculkan peluang terciptanya kerja sama bisnis. Kerja sama bisnis memang dibutuhkan untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Di samping itu, kepribadian brand yang kuat juga akan membuat citra perusahaan lebih baik di mata relasi.

Mempererat komunikasi dengan konsumen

Komunikasi dengan konsumen dapat juga diperkuat dengan adanya kepribadian brand perusahaan yang kuat. Pasalnya, adanya kepribadian brand ini konsumen akan merasa lebih dekat dengan perusahaan. Perusahaan pun akan lebih mudah dalam memperkenalkan diri terhadap konsumen, baik secara langsung maupun melalui media digital.

Silakan pelajari cara membangun brand personality agar mampu menunjukkan kesan positif di mata publik.