Dasar Dasar Marketing yang Penting untuk Diketahui

Facebook
Twitter
LinkedIn
dasar dasar marketing

Dasar dasar marketing perlu diketahui sebelum melakukan pemasaran produk atau layanan. Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita akan membahas pengertian marketing. Marketing menurut para ahli didefinisikan berbeda-beda. Misalnya, menurut Stanton, marketing didefinisikan sebagai sistem dalam merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk.

Sementara itu, menurut Kotler dan Amstrong, marketing adalah proses perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan. Dengan kata lain, fungsi marketing adalah menghubungkan perusahaan dan calon konsumen. Kemudian, tugas utama marketing adalah mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat.

Dasar Dasar Marketing yang Perlu Diketahui

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan tugas, sudah saatnya bagi Anda untuk mengenali dasar dasar marketing yang sering disebut 7P. Adapun dasar-dasarnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Trik Psikologi Marketing, Tingkatkan Penjualan Perusahaan

  1. Product: Produk perusahaan yang ditawarkan agar lebih menarik sebaiknya dikemas dalam packaging yang menarik pula. Di samping itu, perusahaan juga harus merinci dengan detail spesifikasi produk. Tunjukkan juga manfaat dan keunggulan produk daripada produk lainnya.
  2. Price: Tidak bisa dipungkiri, sebelum memutuskan untuk membeli produk, masyarakat sering membandingkan harga. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan survei harga pasar agar bisa bersaing dengan sehat. Jangan sampai harga jual produk terlalu murah atau terlalu mahal.
  3. Promotion: Strategi promosi harus dipikirkan dengan masak oleh perusahaan. Pemilihan strategi promosi akan berpengaruh juga terhadap media promosi yang hendak digunakan. Di era serba digital seperti sekarang, alangkah baiknya promosi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.
  4. Place: Aksesibilitas produk menjadi hal penting bagi konsumen. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan lokasi dalam membangun bisnis. Jika melayani transaksi online, pastikan bahwa perusahaan mampu melakukan pelayanan baik dengan menjaga kualitas barang yang dikirim.
  5. People: Yang tidak boleh dilupakan juga adalah orang-orang yang bekerja dalam tim marketing. Pastikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang baik serta mampu memberikan pelayanan yang prima terhadap setiap pesanan yang datang.
  6. Process: Proses penyampaian produk kepada pelanggan adalah kunci utama keberhasilan penjualan. Oleh karena itu dibutuhkan tim marketing yang memiliki kemampuan wicara yang baik. Jika penjualan online, tentu membutuhkan copywriting yang menarik perhatian masyarakat.
  7. Physical evidence: Dewasa ini perusahaan tidak harus memiliki gedung secara fisik karena segala pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh secara online. Untuk mendukung kredibilitas dan profesionalitas, perusahaan tetap harus memiliki website resmi.

Sudah siapkah Anda dengan dasar dasar marketing yang sudah dibahas tersebut?