5 Elemen Strategi Pemasaran untuk Dukung Penjualan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Elemen Strategi Pemasaran

Elemen strategi pemasaran penting diketahui oleh perusahaan agar dapat memasarkan produk dengan efektif dan efisien. Sebelum membahas lebih lanjut, kita definisikan terlebih dahulu pengertian strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah rencana yang disusun oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk. Fungsi strategi pemasaran adalah mencapai target penjualan yang telah ditentukan dan tentunya mencari pelanggan setia.

Baca juga: 7 Penyebab Kegagalan Bisnis yang Semestinya Diketahui

5 Elemen Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui terkait seluk beluk strategi pemasaran, kita lanjutkan pembahasan tentang elemennya. Elemen strategi pemasaran adalah unsur-unsur yang digunakan untuk menjalankan strategi pemasaran. Elemen strategi pemasaran dikenal dengan 5P of Marketing yang penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

1. Product

Elemen yang satu ini mengacu pada produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Perusahaan harus mampu menjelaskan fitur, kelebihan, dan manfaat dari produk yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen akan lebih memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan pengemasan dan tampilan produk agar menarik. Tidak lupa juga kualitas produk tetap harus terjaga dan tentunya disertai dengan garansi.

2. Price

Dalam menentukan harga produk ada banyak hal yang patut dipertimbangkan. Perusahaan jangan hanya memikirkan keuntungan semata. Akan tetapi, perusahaan harus menyesuaikan harga produk dengan kualitas dan manfaat yang akan didapatkan konsumen jika menggunakan produk. Kemudian, perusahaan juga harus memikirkan biaya pengiklanan atau promosi produk. Tidak lupa juga pertimbangkan untuk membuat diskon sebagai daya tarik untuk konsumen.

3. Promotion

Promosi wajib dilakukan oleh perusahaan agar produk yang dijual dikenal luas oleh masyarakat. Dalam melakukannya, perusahaan juga harus mempertimbangkan keefektifannya. Promosi dapat dilakukan dengan membuat iklan di media elektronik atau media massa. Jika ingin lebih terjangkau, promosi di media sosial dapat menjadi pilihan tepat.

4. Place

Lokasi bisnis haruslah strategis. Artinya, lokasi bisnis mudah dijangkau, terutama oleh masyarakat yang menjadi target bisnis. Tidak hanya itu, lokasi bisnis ini juga menyangkut pendistribusian hingga penjualan produk. Perusahaan penting untuk memperhatikan kemudahan akses dari konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.

5. People

Elemen ini berkaitan dengan orang yang terlibat dalam pemasaran produk. Jika orang yang melakukan pemasaran tidak memiliki kompetensi yang baik, bukan tidak mungkin strategi yang disusun dengan matang akan berjalan kurang lancar. Oleh karena itu, sebaiknya mereka diberi pelatihan terkait skill memasarkan produk.

Agar strategi pemasaran berjalan dengan baik, silakan persiapkan berbagai elemen tersebut dengan baik pula.