Untuk mendapatkan engagement tinggi pada konten marketing, Anda harus mendapatkan formula copywriting yang tepat. Formula copywriting adalah konsep yang menjadi dasar dalam pembuatan konten marketing lebih menarik. Copywriting memang harus dibuat menarik agar konten banyak yang melihat kemudian diklik sesuai dengan tujuan call to action. Untuk itu, konten copywriting harus dibuat dengan ringkas dan mudah diingat.
Baca juga: 3 Pilar The Golden Circle yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis
Formula Copywriting yang Bisa Diterapkan
Sebenarnya ada beberapa formula copywriting yang bisa digunakan. Namun, setidaknya ada lima formula yang bisa diterapkan sebagai berikut.
1. Formula PAS
Formula PAS merupakan singkatan dari problem, agitate, dan solution. Dalam formula ini, copywriting harus bisa menunjukkan masalah kemudian membuat pembacanya merasa masalah akan makin memburuk jika tidak segera diatasi. Kemudian, di akhir konten harus disampaikan solusi berupa produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
2. Formula 4C
Formula 4C berisi Clear, Concise, Compelling, dan Credible. Artinya, konten harus dibuat dengan bahasa yang jelas. Jika demikian, kalimat yang digunakan pendek atau berbentuk poin-poin. Copywriting juga harus menggunakan kata-kata secukupnya. Di samping itu, konten harus fokus terhadap masalah, kemudian sediakan solusi. Tidak lupa juga, untuk menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan.
3. Formula AIDA
AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Konten yang dibuat dengan formula ini bisa dimulai dengan memikat pembaca melalui kisah yang menarik. Kemudian, Anda perlu menawarkan informasi yang solutif. Setelah itu, emosi pembaca bisa dipicu untuk menginginkan produk dan membelinya.
4. Formula 5 Pertanyaan
Pembuatan konten marketing juga dapat memanfaatkan pertanyaan apa keuntungan yang bisa diperoleh dan bagaimana cara mendapatkannya. Kemudian, konten juga bisa menjawab pertanyaan mengapa harus memercayai produk yang ditawarkan dan untuk siapa produk tersebut. Pertanyaan terakhir, apa yang harus saya bayar.
5. Formula ACCA
Formula ini merupakan singkatan Awareness, Comprehension, Conviction, dan Action. Dengan formula ini, konten copywriting yang dibuat harus mampu menyadarkan masalah yang bisa diatasi produk. Kemudian, Anda harus membantu pembaca memahami realitas masalah. Setelah itu, Anda harus meyakinkan pembaca untuk bertindak.
Menurut Anda, formula mana nih yang cocok diterapkan untuk konten perusahaan Anda?