Wajib Tahu! Berikut Fungsi Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa

Facebook
Twitter
LinkedIn
Manajemen Pengadaan Barang

Suatu lembaga memerlukan manajemen pengadaan barang dan jasa. Hal ini karena manajemen tersebut berperan penting bagi kehidupan perusahaan. Manajemen tersebut mencakupi konsep, sistem, hingga strategi pengadaan barang dan jasa. Hal tersebut juga meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga sistem penyimpanan.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenali pengertian manajemen pengadaan barang dan jasa. Adapun manajemen pengadaan barang dan jasa adalah pemaksimalan sumber daya yang ada dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. 

Fungsi Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa

Manajemen pengadaan tentunya berfungsi bagi sebuah perusahaan. Fungsi manajemen pengadaan yang utama adalah untuk mengelola proses pengadaan barang. Adapun fungsi manajemen pengadaan yang lainnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Penyebab Miskomunikasi dengan Vendor saat Pengadaan Barang dan Jasa

Mengoptimasi persediaan

Sebuah perusahaan pastilah mempunyai barang persediaan, baik barang mentah maupun barang jadi. Persediaan tersebut tentu akan habis pada waktu tertentu. Dengan adanya manajemen pengadaan, persediaan tersebut dapat kembali terpenuhi dengan lebih cepat. Alhasil, perusahaan tidak akan kelimpungan ketika sedang membutuhkan.

Mendapatkan barang dengan harga wajar

Manajemen pengadaan juga berkaitan dengan perencanaan. Perencanaan tersebut biasanya memuat rencana anggaran dan harga perkiraan. Oleh karena itu, adanya manajemen pengadaan akan membantu suatu perusahaan dalam mendapatkan barang dengan harga yang wajar.

Mempertahankan kualitas barang

Adanya manajemen pengadaan juga dapat mempertahankan kualitas barang. Dari manajemen pengadaan, perusahaan akan mengetahui spesifikasi barang yang pernah dipesan. Dengan begitu, perusahaan bisa memilih barang yang spesifikasi sama atau memiliki kualitas yang lebih baik.

Menghindari barang kadaluarsa

Manajemen pengadaan dapat juga mengatur perihal barang yang masuk dan keluar dari gudang. Oleh karena itu, adanya manajemen tersebut dapat membantu perusahaan menghindari barang kadaluarsa. Perusahaan dapat menyortir barang berdasarkan masa kadaluarsanya. Barang dengan kadaluarsa lebih awal bisa digunakan lebih dahulu daripada yang lama.

Mendapatkan barang baru

Manajemen barang yang terdapat spesifikasinya juga membantu perusahaan untuk mendapatkan barang baru. Adanya barang baru tersebut dapat menjadi inovasi bagi perusahaan. Hal ini dapat berpengaruh juga terhadap hubungan perusahaan dengan klien karena selalu berusaha memberikan produk yang inovatif.

Dari penjelasan tersebut terlihat jelas bahwa manajemen pengadaan barang dan jasa begitu penting bagi suatu perusahaan. Hal ini karena adanya manajemen tersebut membantu proses pengadaan dari tahapan perencanaan hingga evaluasi.

Baca Juga: Penyebab Perbedaan Realisasi Dan Anggaran Dalam Pengadaan Barang